Salin Artikel

Temukan Warga Berkerumun di Pasar Kaget, Wakil Bupati Tasikmalaya Mengamuk

Dia langsung turun dari kendaraan bak terbuka dan memarahi warga tidak memakai masker berkerumun di sepanjang jalan yang dijadikan pasar kaget Mingguan di kawasan Sukahening.

Deni menyayangkan masih kurangnya kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan.

Padahal, baru saja belasan ambulans konvoi menjemput warga positif klaster senam di Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya.

Deni pun berjalan kaki di pinggir jalan tersebut langsung memberikan masker bagi warga yang sedang berkerumun di lokasi tersebut.

Sejatinya Deni tak melarang adanya kegiatan ekonomi masyarakat demi tumbuhnya kesejahteraan rakyat.

Namun dalam pelaksanaanya saat pandemi Covid-19 harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan.

"Jangan seenaknya tak pakai masker. Kalau ada yang positif, tetap kami yang repot. Mari kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintahnya dalam memerangi pandemi ini," tambahnya.

Sesekali warga pun menyalaminya dan mengaku bersalah dan berjanji akan siap menjalankan prokes saat berdagang di pasar Mingguan tersebut.

"Terima kasih bagi yang sudah memakai masker dan menjalankan prokes. Saya sangat apresiasi sekali. Terima kasih Pak, Bu. Hatur nuhun sudah pakai masker," ungkapnya.

Sebelumnya, sebanyak 47 warga positif Covid-19 klaster sebuah sanggar senam di Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, dijemput konvoi belasan ambulans di rumahnya masing-masing pada Kamis (11/3/2021).

Para pasien langsung ditempatkan untuk menjalani perawatan medis di ruang isolasi darurat bangunan asrama haji Kemenag di Bojong Koneng, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. 

Mereka selama ini adalah anggota kelompok klaster senam di Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, yang sebelumnya diketahui sempat berwisata ke Objek Wisata Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat.

"Sebelumnya jumlah yang terpapar dari anggota sebuah sanggar senam tersebut hanya 21 orang dan diisolasi mandiri. Namun, saat hasil swab terakhir menjadi bertambah dan menular, makanya kita jemput untuk dilakukan isolasi terpusat supaya tak menyebar lagi di ruang isolasi darurat asrama haji Singaparna," jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Atang Sumardi, kepada wartawan, Kamis (11/3/2021).

Atang menambahkan, puluhan ambulans tersebut bolak balik menjemput ke masing- masing rumah pasien, apalagi jarak yang cukup jauh dari pusat perkotaan ke wilayah Puspahiang.

Pihaknya pun tak menutup kemungkinan hasil pemeriksaan lanjutan lagi jumlah klaster senam yang terpapar masih bisa bertambah lagi.

“Jadi 47 orang jumlah yang positif dari sebagian hasil tracing yang di-swab. Mungkin ada penambahan, jadi mungkin saja nantinya bakal ada penambahan. Itu hasil tracing yang anggota klub senam dan keluarganya. Yang di-swab sudah banyak,” tambah Atang.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/14/094807378/temukan-warga-berkerumun-di-pasar-kaget-wakil-bupati-tasikmalaya-mengamuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke