Salin Artikel

Detik-detik Penyanderaan Pilot dan Penumpang Susi Air oleh 30 Anggota KKB

Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel CZI IGN Suriastawa menjelaskan, penyanderaan bermula saat 30 anggota KKB mendatangi Lapangan Wangbe pukul 06.20 WIT.

Mereka lalu mendekati pesawat yang yang dipiloti Captain Ian John Terrence Hellyer warga negara Selandia Baru, dengan membawa tiga orang penumpang, Ricky Dolame, Arikala Dolame, dan Arike Wandikbo.

Kepada pilot, anggota KKB mengancam agar Susi Air tidak mengangkut aparat TNI-Polri.

Mereka juga menyampaikan kekesalannya karena kepala kampung karena tidak memberikan dana desa.

Setelah bernegosasi, dua jam kemudian puluhan KKB akhirnya melepaskan pilot dan penumpang pesawat.


Kemudian pukul 08.36 WIT, pesawat Susi Air PK BVY lepas landas menuju Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika dan mendarat dengan aman.

"Meskipun tidak ada korban, kejadian ini menunjukkan aksi teror KSB di wilayah Papua, termasuk teror terhadap aktivitas penerbangan sipil. Dan kami selalu berkoordinasi erat dengan pihak kepolisian" kata Suriastawa dalam rilis yang diterima, Sabtu (13/3/2021).

Suriastawa mengatakan, pilot dan penumpang tidak mengalami kekerasan saat penyanderaan terjadi.

"Beruntung selama disandera dua jam, pilot dan tiga penumpang tidak mengalami tindak kekerasan. Walaupun merasa khawatir akan keselamatannya karena sempat ditodong senjata," kata Suriastawa. (Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)

https://regional.kompas.com/read/2021/03/13/140537978/detik-detik-penyanderaan-pilot-dan-penumpang-susi-air-oleh-30-anggota-kkb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke