Salin Artikel

Antisipasi Longsor dan Karhutla, Polres Tana Toraja dan BPBD Cek Peralatan SAR

TANA TORAJA, KOMPAS.com – Polres Tana Toraja, Sulawesi Selatan, mengantisipasi ancaman bencana tanah longsor dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Upaya pencegahan tersebut dimulai dengan melakukan apel gelar peralatan SAR di Plaza Kolam Makale, Jumat (12/03/2021) bersama BPBD Tana Toraja, Manggala Agni, Dinkes, Damkar dan Satpol PP.

Kapolres Tana Toraja AKBP Sarly Sollu mengatakan, gelar peralatan SAR ini untuk mengetahui jumlah kekuatan dan kemampuan yang dimiliki untuk menangani setiap kejadian bencana alam dan karhutla.

"Kita harus bersiap menghadapi setiap kemungkinan terjadinya bencana alam termasuk karhutla di wilayah yang menjadi tanggung jawab kita, dan melalui apel penggelaran ini, kita bisa mengetahui jumlah kekuatan peralatan SAR dan kekuatan personel yang kita miliki, yang siap kita gerakkan sewaktu-waktu,” kata Sarly kepada wartawan, Jumat.

Dengan adanya pengecekan peralatan SAR ini diharapkan semua pihak mampu bergerak cepat merespons setiap kejadian bencana alam termasuk karhutla.

"Kita semua sama berharap tidak ada kejadian bencana alam maupun Karhutla di Kabupaten Tana Toraja, namun jika pun ada kejadian, kita mampu bergerak cepat melakukan penanganan, dan memberikan pertolongan secepatnya kepada warga yang tertimpa, inilah amanah dari Apel Peralatan SAR yang digelar saat ini," ucap Sarly.

Sejumlah peralatan SAR digelar, seperti Kendaraan dinas (Randis) Pendukung mobilisasi milik Manggala Agni, BPBD, water cannon Polri, mobil damkar, ambulans dan kendaraan taktis lainnya, hingga peralatan operasional perorangan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja Alfian A Lolo mengatakan, sepanjang 2020 tercatat 41 kejadian tanah longsor terjadi di wilayahnya.

“Kejadian tanah longsor rentan terjadi di musim hujan. Tercatat sejumlah kejadiannya tanah longsor paling sering terjadi di wilayah Kecamatan Rembon, Kecamatan Saluputti, Kecamatan Bonggakaradeng dan Kecamatan Makale Selatan. Untuk itu warga diimbau untuk senantiasa waspada,” ujar Alfian.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/12/142747978/antisipasi-longsor-dan-karhutla-polres-tana-toraja-dan-bpbd-cek-peralatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke