Salin Artikel

Stadion Mattoanging Picu Selisih Paham Walkot Makassar dengan Plt Gubernur Sulsel

Menurut Wali Kota Makassar yang akrap disapa Danny Pomanto menilai, pembangunan Stadion Mattoanging melanggar Peraturan Daerah (Perda) Tata Ruang dan Bangunan.

Stadion Mattoanging dianggap tidak berada pada lokasi yang semestinya.

“Stadion Mattoanging sudah dibongkar yang kemudian akan dibangun kembali yang lebih besar. Sedangkan, lokasinya tidak sesuai dan melanggar Perda Tata Ruang dan Bangunan. Dimana, stadion yang bertaraf internasional itu harus mempunyai banyak pintu keluar masuk. Sedangkan Stadion Mattoanging hanya terdapat dua pintu keluar masuk saja pada dua sisi,” kata Danny saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/3/2021).

Danny Pomanto beranggapan, Stadion Mattoanging sebaiknya dipindahkan ke Kelurahan Barombong atau Kelurahan Untia.

Dua lokasi tersebut terdapat lahan milik pemerintah yang sangat luas dan memadai.

“Kalau dipindahkan lokasinya Stadion Mattoanging, lokasi lamanya yang terletak di tengah Kota Makassar itu akan dibangun ruang terbuka hijau. Itu lebih layak sebagai sarana fasilitas sosial yang ada lapangan olahraganya, tamannya, dan sebagainya,” tuturnya.

Sementara itu, Andi Sudirman Sulaiman menegaskan, program pemerintah untuk pembangunan infrastruktur harus tetap berjalan.

Pasalnya, program ini merupakan program prioritas pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Saya tekankan pertama masuk, saya sebagai Plt Gubernur tetap prioritaskan pekerjaan yang sudah dijalankan Gubernur. Termasuk prioritas program kita juga fokus pada Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan program penanganan Covid-19 juga menjadi prioritas utama,” kata Andi Sudirman dalam keterangan tertulisnya.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan membongkar Stadion Mattoanging untuk dibangun ulang agar dapat memenuhi standar FIFA.

Pembenahan kandang PSM Makassar itu bakal menelan anggaran hingga Rp 1,1 triliun.

Pembongkaran dan Perencanaan Pembangunan Stadion Mattoanging ini digagas oleh Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah, sebelum ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/10/154343278/stadion-mattoanging-picu-selisih-paham-walkot-makassar-dengan-plt-gubernur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke