Salin Artikel

Cerita Bagas, Si “Bagong Ganas” Gunung Cikuray yang Kerap “Goda” Pendaki

Banyak cerita tentunya saat mendaki gunung. Salahsatunya adalah cerita pertemuan dengan hewan liar di hutan.

Bagi para pendaki yang pernah mendaki Gunung Cikuray, nama Bagas (Bagong Ganas) mungkin sudah tidak asing lagi.

Nama "Bagas" atau "Bagong Ganas" diberikan para pendaki kepada seekor babi hutan di Gunung Cikuray yang biasa menyambangi camp para pendaki.

Bagong sendiri, merupakan Bahasa sunda dari babi hutan.

Pendaki Gunung Cikuray Sampai naik pohon saat ada "Bagas"

Cerita pertemuan para pendaki dengan Bagas, sempat viral di media sosial saat banyak video merekam para pendaki yang terpaksa harus menaiki pohon untuk menghindari Bagas yang datang ke tempat mereka berkemah dan mencari makanan dari perbekalan para pendaki.

“Banyak pendaki yang ketemu dengan Bagas memang, sudah jadi cerita biasa di kalangan pendaki,” jelas Agung (32), warga Desa Dayeuh Manggung Kecamatan Cilawu yang biasanya jadi titik awal pendakian dari stasiun pemancar televisi, Selasa (9/3/2021).

Keberadaan Bagas, menurut Agung, sampai sekarang tidak menyurutkan niatan para pendaki untuk mendaki Gunung Cikuray.

Bahkan, sepengetahuannya, belum pernah ada laporan pendaki yang mengalami luka-luka akibat serangan Bagas.

“Kebanyakan pendaki sudah hafal, jadi saat Bagas datang mereka menghindar dengan naik pohon sambil mengusirnya dengan berbagai cara,” katanya.

Cerita pendaki Gunung Cikuray, tenda dirobek "Bagas"

Dari cerita para pendaki, menurut Agung ada pendaki yang tidak takut dan memberi makan Bagas mi instan sambil badannya dielus-elus seperti halnya pada binatang peliharaan.

"Ada juga mereka yang sengaja mendaki hanya untuk bertemu si Bagas," katanya.

Biasanya, menurut Agung, Bagas ditemui para pendaki yang memulai pendakian dari pos stasiun pemancar televisi yang ada di wilayah perkebunan teh Dayeuh Manggung Desa Dayeuh Manggung Kecamatan Cilawu.

Ali (45), salah seorang pendaki gunung di Kabupaten Garut mengakui, cerita keberadaan Bagas di Gunung Cikuray memang tidak bohong.

Dirinya pun mengalami sendiri pertemuan dengan babi hutan tersebut saat mendaki Gunung Cikuray pekan lalu.

“Iya datang menjelang subuh ke tenda, saya sedang tidur, tenda dirobek dan tas yang jadi bantal saya tidur ditarik,” katanya, kepada Kompas.com Selasa (9/3/2021).


Usir "Bagas" dengan suara gaduh atau mi instan

Begitu mengetahui ada babi hutan, menurut Ali, dirinya bersama temannya mendaki lantas keluar tenda.

Beberapa temannya langsung memanjat pohon dan mencoba mengusirnya dengan memukul-mukul alat masak untuk membuat kegaduhan, sementara dirinya berusaha mengusirnya dengan melempari makanan berupa mi instan yang dibawanya.

“Awalnya sempat ngacak-ngacak tenda lain, saat itu ada tiga tenda terpasang, satu tenda ditinggal pemiliknya yang sedang ke puncak, tenda ini yang diacak-acak,” katanya.

Setelah diberi makanan, menurut Ali, babi hutan tersebut pun akhirnya pergi meninggalkan tempat mereka membuka tenda yang lokasinya ada di pos enam jalur pendakian Gunung Cikuray.

“Sepertinya sudah biasa diberi makanan dari pendaki, makanya terus mendatangi pendaki mencari makanan dari perbekalan pendaki,” katanya.

"Bagas" beraksi gara-gara perilaku jorok para pendaki

Perilaku Bagas ini, menurut Ali, tidak lepas dari perilaku para pendaki yang meninggalkan sisa-sisa makanan di hutan yang akhirnya dimakan oleh babi hutan. Lama kelamaan, babi hutan menjadi terbiasa makan dari perbekalan pendaki.

“Makanya, saat mendaki jangan sisakan apapun di gunung, sampah dan sisa-sisa makanan juga harus dibawa lagi,” katanya.

Ali sendiri melihat, Bagas hanya mencari makan di habitatnya. Namun, saat ini makanan aslinya di habitatnya sudah berkurang dan yang ada adalah sisa-sisa makanan dari pendaki yang akhirnya jadi makanannya.

“Jadi akhirnya Bagas nge”goda” pendaki untuk makan, makanya jangan rusak hutannya, jangan sisakan sampah dan limbah makanan di hutan, karena bisa merusak lingkungan dan prilaku satwa yang ada didalamnya,” pesannya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/09/161706178/cerita-bagas-si-bagong-ganas-gunung-cikuray-yang-kerap-goda-pendaki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke