Salin Artikel

Lansia 90 Tahun Disuntik Vaksin Covid-19 di Kabupaten Semarang, Kondisinya Sehat

Dari jumlah tersebut warga lansia yang paling tua berumur 90 tahun dari Kabupaten Semarang.

"Usia paling tua tadi malam dapat kiriman foto dari Kabupaten Semarang 90 tahun. Sejauh ini tidak ada keluhan. Saya dapat fotonya sehat-sehat saja," jelasnya saat ditemui usai rapat di kantor Gubernur Jateng, Senin (8/3/2021).

Diketahui, warga lansia tersebut adalah warga Kelurahan Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, yang kondisinya sehat dan rajin ke Posyandu lansia.

"Yang bersangkutan melaksanakan vaksinasi di Puskesmas Gedangan Tuntang," ujarnya.

Yulianto mengungkapkan berdasarkan catatan sistem informasi, saat ini total lansia sebanyak 27.460 orang.

Namun, kata dia untuk jumlah riil warga lansia yang sudah divaksin sebenarnya lebih banyak.

"Di kabupaten kota lebih banyak (lansia divaksin). Ini karena harus memindahkan dari manual ke sistem aplikasi," katanya.

Jumlah sasaran lansia yang divaksin di Jateng sendiri total ada sekitar 3,1 juta orang.

Pihaknya menargetkan vaksinasi tahap kedua bagi lansia dan pelayanan publik ini bisa selesai sekitar Maret-April.

"Karena kan ada perubahan kebijakan dari pusat yang tadinya untuk semua pelayanan publik, lansia itu belum ini sekarang dibalik lansia didahulukan," ucapnya.


Yulianto menambahkan untuk identifikasi sasaran lansia itu memang tidak semudah pelayanan publik yang berbasis institusi

"Yang jelas kalau lansia kan engga jadi ini perlu ada pendataan lagi. Kalau Kota Semarang sudah oke karena aksesnya relatif mudah. Penggunaan teknologi sudah familiar kebanyakan. Kalau di kabupaten kota di daerah-daerah harus secara manual," ungkapnya.

Lantas, pihaknya berupaya mendekatkan pelayanan vaksinasi untuk memudahkan akses bagi lansia agar lebih dekat dengan tempat tinggal mereka.

"Karena aksesnya terbatas kita akan lebih banyak mendekatkan pelayaan itu di tempat tinggal mereka. Makanya ini perlu persiapan yang lebih matang," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/08/164600778/lansia-90-tahun-disuntik-vaksin-covid-19-di-kabupaten-semarang-kondisinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke