KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang
Salin Artikel

Resmikan Tempat Fisioterapi, Wali Kota Hendi Motivasi Penderita Cerebral Palsy

KOMPAS.com – Wali Kota (Walkot) Semarang Hendrar Prihadi memotivasi para orangtua yang anaknya menderita cerebral palsy untuk tetap semangat menjalani terapi dan pengobatan.

"Ibu-ibu dan putera-puterinya harus tetap semangat. Mudah-mudahan putra dan putri panjenengan menjadi generasi yang mandiri dan sehat selalu,” tutur walkot yang akrab disapa Hendi dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Senin (8/3/2021).

Hal tersebut Hendi sampaikan saat meresmikan tempat fisioterapi di Rumah Difabel Semar Cakep, Kecamatan Semarang Barat, beberapa hari yang lalu.

Selain meresmikan, Walkot Hendi juga memberikan bantuan sejumlah peralatan untuk membantu anak penderita cerebral palsy.

Peralatan tersebut antara lain berupa standing frame, walker, dan bola bobath.

Tidak hanya memberikan bantuan peralatan bagi anak cerebral palsy, sebelumnya Hendi  memberikan pula kursi roda bagi penyandang disabilitas.

Pegiat Paguyuban Semar Cakap, Vita Maryunani menyambut baik peresmian ruang fisioterapi di Rumah Difabel Semar Cakep ini.

Vita mengaku terharu dan sangat berterima kasih atas kepedulian Hendi pada anak-anak penyandang disabilitas.

“Alat-alat terapi ini merupakan alat yang diidamkan anak-anak penderita cerebral palsy,” terang Vita.

Sebagai informasi, di Rumah Difabel Semar Cakep terdapat 85 anak penyandang cerebral palsy.

Peresmian ruang fisioterapis itu disambut positif para orangtua. Pasalnya selama masa pandemi, mereka merasa enggan untuk membawa anaknya rutin terapi di rumah sakit  karena takut terpapar virus Covid-19.

Seperti dilansir dari situs resmi Center for Disease Control and Prevention (CDC), cerebral palsy atau lumpuh otak adalah gangguan motorik paling umum yang diderita anak-anak.

Cerebral artinya berhubungan dengan otak. Sementara itu palsy, artinya kelemahan atau masalah penggunaan otot.

Cerebral palsy disebabkan oleh perkembangan otak yang tidak normal atau kerusakan pada perkembangan otak yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengontrol ototnya.

Seseorang yang menderita cerebral palsy akan mengalami kesulitan dalam bergerak, menjaga keseimbangan dan postur tubuh.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/08/12242731/resmikan-tempat-fisioterapi-wali-kota-hendi-motivasi-penderita-cerebral

Bagikan artikel ini melalui
Oke