Salin Artikel

Dinkes: Vaksin Covid-19 Mempercepat Kesembuhan Bupati Serang Tatu Chasanah

SERANG, KOMPAS.com - Waktu kesembuhan Bupati Serang Ratu Tatu Chanasah dari Covid-19 terhitung cepat.

Pada Kamis (4/3/2021), Tatu dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab PCR dari Labkesda Provinsi Banten.

Keesokan harinya, Jumat (5/3/2021) Tatu sudah dinyatakan negatif berdasarkan hasil swab PCR di dua rumah sakit yakni RSUD dr Drajat Prawiranegara Serang, dan RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Banten, Agus Sukmayadi mengatakan, vaksin yang sudah diberikan ke Bupati Serang memberikan dampak positif untuk mempercepat kesembuhan.

"Salah satu sebab cepatnya kesembuhan beliau (Tatu Chasanah), dikarena sudah mendapat vaksin dua dosis pada bulan Januari 2021," kata Agus, saat dihubungi Kompas.com melalui pesan WhatsApp. Sabtu (6/3/2021).

Agus menuturkan, vaksin Covid-19 yang sudah diberikan kepada Bupati Serang membentuk antibodi terhadap Covid-19 secara optimal.

Terbukti, daya tahan tubuh orang nomor satu di Kabuparen Serang itu kuat melawan virus. Sehingga, tidak menimbulkan gejala apapun, dan kesembuhannya pun cepat.

"Walaupun terpapar virus, tidak menimbulkan gejala, keluhan dengan pemulihan cepat," ujar Agus.


Agus menegaskan, vaksin merupakan salah satu upaya pencegahan melalui pembentukan kekebalan seseorang secara aktif terhadap Covid-19.

"Apabila, suatu saat terpapar dengan Covid-19, tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan sehingga terhindar dari resiko kematian," ujar dia.

Agus pun mengingatkan kepada masyarakat, agar mentaati protokol kesehatan Covid-19 meski sudah divaksin.

"Setelah mendapat vaksin Covid-19 harus senantiasa patuh terhadap prokes," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/07/105847478/dinkes-vaksin-covid-19-mempercepat-kesembuhan-bupati-serang-tatu-chasanah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke