Salin Artikel

Kemenkes Minta Sampel Darah 2 TKI Cianjur yang Satu Pesawat dengan Warga Terpapar B.1.1.7

Namun, Yusman menegaskan, keduanya bukan terpapar Corona varian baru tersebut, melainkan Sars-Cov2.

“Mereka juga sebenarnya sudah dinyatakan sembuh atau bebas Corona setelah menjalani isolasi di Jakarta," kata Yusman kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

Setelah dinyatakan sembuh, Kemenkes minta tracing ulang

Akan tetapi, sebut Yusman, pihak Kementerian Kesehatan RI melalui bidang surveilance meminta untuk pengambilan sampel darah keduanya menyusul temuan kasus corona varian baru tersebut.

“Karena yang dialami TKI asal Karawang itu (corona) jenis varian baru, sehingga semua yang ada di pesawat harus dilacak ulang," ucap dia.

Pemeriksaan ulang menurut Yusman, harus dilakukan untuk memastikan kondisi terkini mereka.

“Namun, saat ini kita belum kondisinya seperti apa, karena masih berupaya melacak keberadaan mereka (tempat tinggalnya),” ujar Yusman.


Dua TKI asal Karawang terpapar Corona B.1.1.7

Sebelumnya diberitakan, ada dua TKI terpapar Corona B.1.1.7. Kedua TKI masuk ke Indonesia melalui bandara Soekarno-Hatta, dengan dua penerbangan berbeda. Kedua TKI tersebut berasal dari Karawang, Jawa Barat.

Salah satu TKI Karawang bernama M. Ia bersama 49 orang lainnya pulang ke Tanah Air menggunakan maskapai Qatar Airways pada 28 Januari 2021.

Sesuai peraturan, 49 orang itu harus menjalani karantina usai tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Sebelum dikarantina, mereka dites menggunakan PCR. Hasilnya, ditemukan 7 orang positif Covid-19, yakni 3 dari Karawang, 2 dari Cianjur dua, 1 dari Bekasi 1, dan 1 dari Sukabumi 1.

"Dari 7 positif ini sudah dilakukan penelitian di Litbangkes, ternyata terdapat satu yang terkena virus (corona) B.1.1.7. Kebetulan itu dari Karawang," ujar Pelaksana Kepala Dinas Kesehatan Karawang Nanik Jodjana saat ditemui di Gedung Singaperbangsa, Kompleks Kantor Pemkab Karawang, Rabu (3/3/2021).

Kemudian, pada 31 Januari 2021, A, asal Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, pulang ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Dari total 33 penumpang, ditemukan 4 orang positif Covid-19. Salah satunya, A, ternyata terpapar B.1.1.7. 

Nanik mengatakan, kedua warga yang terjangkit virus corona B.1.1.7 itu pulang ke Karawang setelah masa karantina di Jakarta selesai. Dengan demikian saat pulang ke Karawang, M dan A sudah negatif Covid-19.

Tapi setelah menerima informasi dari Kementerian Kesehatan RI bahwa dua warga Karawang itu terjangkit virus Corona varian baru B.1.1.7, Dinkes Karawang langsung bergerak untuk melacak ulang.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/05/161131178/kemenkes-minta-sampel-darah-2-tki-cianjur-yang-satu-pesawat-dengan-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke