Salin Artikel

Jokowi Resmikan Kampus Untirta, Ungkap Kekuatan 2 Tokoh Pergerakan Banten

Saat meresmikan, Jokowi mengungkapkan bahwa Untirta mewarisi nilai-nilai keteladanan dari dua sosok pergerakan di Banten yaitu Sultan Ageng Tirtayasa dan Syekh Nawawi Al Bantani.

"Dua tokoh pergerakan Banten itu simpul perpaduan kekuatan ulama dan Umara, yang mewakili karakter kepemimpinan dan intelektual. Ini tercermin di Untirta,"  kata Jokowi. Kamis (4/3/2021).

Menurut Jokowi, perpaduan karakter tersebut diperlukan di sebuah perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan keilmuan dan pusat kaderisasi kepemimpinan nasional.

"Nilai-nilai keteladanan tersebut harus betul-betul di implementasikan dalam Tri Dharma perguruan tinggi agar Untirta mampu mewujudkan visinya," ujar Jokowi.

Sehingga, lanjut Jokowi, Untirta dapat menjadi universitas  kelas dunia yang menjadi kebanggaan masyarakat Banten dan Indonesia sebagai integrited smart and green University.

Dengan kampus barunya, Jokowi  menginginkan adamya semangat baru untuk memajukan pendidikan di Provinsi Banten dan melahirkan SDM unggul.

"Kita semuanya untuk berkonsentrasi kepada persiapan, menyiapkan SDM unggul Untuk memenangkan persaingan dan kompetisi global yang sekarang ini semakin sengit antar negara," kata Jokowi.

Jokowi berharap, Untirta juga ikut andil mengambil bagian untuk mengentaskan permasalahan kemiskinan dan keterbelakangan di Banten dengan menghasilkan inovasi baru.

"Perguruan tinggi tidak berada di menara gading, tapi memfungsikan diri sebagai menara air," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/04/171048478/jokowi-resmikan-kampus-untirta-ungkap-kekuatan-2-tokoh-pergerakan-banten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke