Salin Artikel

Mencurigakan, 5 Tas Milik 3 Penumpang Pesawat Diperiksa, Ternyata Isinya 268 iPhone X dan XR Ilegal

“Pesawat itu mendarat di terminal 1,” kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Juanda, Budi Harjanto, dikutip dari Surya, Rabu (3/3/2021).

Budi menjelaskan, petugas awalnya mendapatkan informasi terkait adanya rencana penyelundupan iPhone melalui Bandara Juanda.

Petugas unit P2 Bea dan Cukai Juanda langsung melakukan koordinasi dengan Satgas Pengamanan Lanudal Juanda untuk melakukan pengawasan terhadap para penumpang yang datang.

Hasilnya, ada tiga penumpang pesawat Lion yang barang bawaannya mencurigakan ketika melewati pemeriksaan x-ray di bandara.

Yakni dua koper dan tiga tas ransel yang dibawa oleh penumpang berinisial HZ, RA, dan MM.

Rinciannya, sebuah koper dan ransel yang dibawa HZ berisi 114 iPhone X tanpa dilengkapi kotak dan charger. Kondisi ponsel itu juga bukan baru alias bekas.

Kemudian koper dan ransel yang dibawa RA berisi 104 iPhone X (bekas) tanpa dilengkapi kotak dan charger.

Serta ransel yang dibawa MM berisi 15 iPhone 7, 9 iPhone X dan 11 iPhone XR, semuanya bekas dan tanpa dilengkapi kotak dan charger.


“Semua barang itu diperkirakan nilainya mencapai Rp 1.564.740.000. Akibat kegiatan ilegal ini, potensi kerugian negara mencapai Rp 469.422.000,” ungkap Budi.

Dari hasil pemeriksaan petugas, tiga orang yang membawa barang ilegal itu semuanya adalah kurir.

Mereka mengaku disuruh oleh seseorang untuk membawa barang sampai ke Bandara Juanda, kemudian akan ada yang menerimanya.

Petugas pun masih melakukan pengembangan. Termasuk mencari pemesan barang ilegal itu dan yang mengirimkannya dari Batam.

Karena Batam masuk dalam kawasan bebas, sehingga barang yang dibawa keluar harus dilengkapi dengan dokumen kepabeanan.

Dalam aturannya, barang impor harus dalam keadaan baru.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul: Penyelundupan iPhone Senilai Rp 1,5 Miliar Melalui Bandara Juanda Terbongkar

https://regional.kompas.com/read/2021/03/04/140412578/mencurigakan-5-tas-milik-3-penumpang-pesawat-diperiksa-ternyata-isinya-268

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke