Salin Artikel

Gibran Minta Pemerintah Pusat Prioritaskan Vaksinasi di Solo, Ganjar: Bukan Solo-nya, tapi...

SEMARANG, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta pemerintah pusat agar memprioritaskan pengiriman vaksin Covid-19 ke Solo.

Sebab, Solo menjadi daerah penting dalam upaya menekan laju penularan Covid-19 dan dipandang menjadi salah satu pusat perekonomian di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan vaksinasi Covid-19 di Kota Solo diprioritaskan karena bakal menyasar kelompok pasar.

"Sebenarnya semua (daerah) minta adanya prioritas. Jadi prioritas itu bukan Solo-nya tapi kelompok sasaran masyarakatnya," kata Ganjar di kantornya, Rabu (3/3/2021).

Sebelumnya, Ganjar telah mengusulkan kelompok masyarakat pasar menjadi sasaran vaksinasi tahap kedua ini kepada Presiden Joko Widodo saat rapat bersama 5 gubernur se-Indonesia di Jakarta.

"Waktu 5 Gubernur dipanggil Pak Presiden memerintahkan beberapa Gubernur menyiapkan tempat untuk dilakukan vaksinasi. Karena sebelum kelompok kelompok senior (nakes) ini disuntik vaksin waktu itu diusulkan uji coba pertama di Tanah Abang dan sudah dilakukan," jelasnya.

Maka, usulan vaksinasi bagi kelompok masyarakat pasar di Jawa Tengah akan dilakukan di Kota Solo dan Kota Semarang.

Namun, akhirnya dipilih di Kota Solo yang akan melakukan vaksinasi pedagang pasar seiring dengan pelayanan publik dan lansia.

Vaksinasi bagi kelompok pasar dilakukan karena mempertimbangkan pusat keramaian dan aktifitas ekonomi.

"Nah saya menyiapkan 2 titik satu di Solo dan Semarang. Akhirnya kemarin dipilih di Solo. Saya kira Mas Gibran menyambut dan kemudian mendapatkan alokasi itu. Saya kira bagus tinggal nanti kalau di sana sudah bisa sukses kita sebarkan ke tempat yang lain," ucapnya.

Sebagai informasi, saat vaksinasi tahap pertama, Kota Solo menerima 1.000 dosis vaksin yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. 

Sedangkan pada tahap kedua, Kota Solo bakal menerima 70.000 dosis vaksin dengan sasaran TNI/Polri, pedagang pasar tradisional, lanjut usia, guru, dan tokoh agama.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/03/170529678/gibran-minta-pemerintah-pusat-prioritaskan-vaksinasi-di-solo-ganjar-bukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke