Salin Artikel

Vaksinasi Tahap II Dimulai di Ambon, Lansia Jadi Kelompok Pertama Penerima Vaksin Covid-19

Para lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Ina Kaka yang berada di kawasan Passo, Kecamatan Baguala, Ambon, merupakan kelompok pertama yang mendapatkan vaksin.

Petugas vaksinator mulai mendatangi panti jompo tersebut sejak siang tadi. Hingga sore ini vaksinasi bagi para lansia di panti tersebut masih berlangsung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, jumlah lansia di panti sosial Ina Kaka yang terdaftar mengikuti vaksinasi sebanyak 51 orang.

"Untuk yang terdata di Ina Kaka itu ada 51 orang dan sekarang vaksinasi masih berjalan. Kita belum tahu apakah semua sudah bisa divaksin atau tidak nanti tunggu hasil screening," kata Wendi di Ambon, Selasa.

Dari 51 lansia yang terdata, baru enam orang yang hasil screening-nya dinyatakan lolos untuk disuntik vaksin.

"Yang baru divaksin itu baru sekitar lima sampai enam orang masih menunggu hasil screening dulu kan," jelasnya.

Wendy mengaku, pemberian vaksin untuk para lansia yang menjadi sasaran utama di Ambon tetap dilakukan seperti kelompok penerima vaksin lainnya yakni dua dosis.

Bedanya, para lansia yang menerima vaksin pada tahap pertama akan menerima vaksin kedua setelah 28 hari berikutnya.

"Kalau usia 18-59 itu kan jangka waktu dosis satu ke dua 14 hari, kalau Lansia di atas 60 tahun jeda waktu 28 hari," tutup Wendy.


Sesuai data, terdapat 29.000 lansia di Kota Ambon. Tetapi, sesuai arahan Kementerian Kesehatan, tahap awal vaksinasi ditagetkan sebesar 38 persen.

"Sehingga untuk Kota Ambon itu lansia yang terdata akan divaksin itu sebanyak 5.000 orang," katanya.

Menurutnya, 5.000 lansia yang sudah terdata itu masuk dalam kategori mandiri. Lansia yang masuk dalam kategori ini kondisi fisiknya masih baik, masih bisa jalan sendiri, masih bisa naik tangga dan masih bisa beraktivitas dengan baik.

Para lansia mandiri yang telah terdata ini akan mulai menjalani vaksinasi pada Rabu (3/3/2021).

Sesuai rencana penyuntikan vaksin bagi para lansia akan mulai dilakukan di Kecamatan Sirimau, setelah itu kecatan Nusaniwe, dan dilanjutkan di kecamatan Baguala dan Teluk Ambon.

"Besok (Rabu) kita mulai dengan Kecamatan Sirimau. Nanti penyuntikan selama tiga hari, setelah itu ke kecamatan lain," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/02/175332878/vaksinasi-tahap-ii-dimulai-di-ambon-lansia-jadi-kelompok-pertama-penerima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke