Salin Artikel

Sempat Tutup Total Akibat Longsor, Jalur Payung Kota Batu Dibuka Kembali

MALANG, KOMPAS.com - Sempat ditutup total akibat tertimbun material longsor, ruas Jalan Brigjend Abdul Manan di Kawasan Payung, Kota Batu, Jawa Timur sudah dibuka kembali, Minggu (28/2/2021).

Material longsor di jalan itu sudah dibersihkan sehingga sudah bisa dilalui oleh kendaraan.

"Saat ini Jalan Brigjend Abdul Manan sudah dibuka dan bisa dilewati oleh kendaraan. Pengguna jalan diimbau untuk tetap berhati-hati saat berkendara karena kondisi jalan yang licin," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim melalui keterangan tertulis.

Pembersihan material longsor dilakukan oleh tim gabungan. Mulai dari BPBD Kota Batu, TNI-Polri, Dinas PUPR Kota Batu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Perhubungan, Perhutani, Tagana dan sejumlah komunitas relawan.

Longsor itu terjadi pada Sabtu (27/2/2021) kemarin sekitar pukul 16.30 WIB saat hujan deras melanda.

Titik longsor berada di antara Kawasan Payung 1 dan Payung 2 di Kelurahan Songgokerto.

Longsor terjadi setinggi 15 meter dengan panjang 10 meter. Material longsor berupa tanah serta bebatuan dan menutupi badan jalan sepanjang 5 meter.

"Longsor berdimensi panjang 10 meter, tinggi 15 meter dan lebar timbunan 5 meter mengakibatkan separuh badan jalan dan saluran irigasi tertutup material longsor berupa tanah dan batuan," katanya.

Diperkirakan, longsor itu disebabkan oleh hujan yang turun dengan intensitas tinggi.

"Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Batu menyebabkan tanah dan bebatuan di tebing menjadi jenuh sehingga mengakibatkan longsor," jelas Rochim.

Sebenarnya, sesaat setelah kejadian longsor, BPBD Kota Batu langsung menerjunkan alat berat untuk membersihkan material yang menutup badan jalan. Namun, akibat hujan masih mengguyur, pembersihan dihentikan dan dilanjutkan keesokan harinya.

Selama masih tertimbun material longsor, ruas jalan yang menjadi akses utama menuju Kediri itu ditutup total. Kendaraan dialihkan menuju jalan alternatif jalur Klemuk.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/28/135008778/sempat-tutup-total-akibat-longsor-jalur-payung-kota-batu-dibuka-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke