Salin Artikel

Asal-usul Tegal, dari Pelaut Portugis hingga Cerita Ki Gede Sebayu

Sang wakil wali kota disebut tak ngantor selama 11 hari. Tak hanya itu. Sang wali kota juga melaporkan wakilnya ke polisi atas kasus pencemaran nama baik.

Tegal adalah salah satu kota di Jawa Tengah. Tak hanya dikenal dengan wartegnya. Kota Tegal ternyata pernah menjadi cikal bakal berdirinya korps marinir yang dibentuk pada 15 November 1945 dengan nama corps mariniers.

Pelaut Portugis dan cerita Ki Gede Sebayu

Lalu bagaimana asal-usul nama Tegal?

Dijelaskan dalam Buku Asal-usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doeloe, di tahun 1530 ada sebuah desa yang bernama Teteguall. Desa tersebut masuk wilayah Kabupaten Pemalang yang mengakui sebagai trah Pajang.

Nama Teteguall diberikan oleh pelaut Portugis yang bernama Tome Pires yang pernah singgah di Pelabuhan Tegal pada tahun 1500-an. Konon kata Teteguall berarti tanah subur yang mampu menghasilkan tanaman pertanian.

Namun kisah lain menyebutkan jika desa cikal bakal Kota Tegal dibangun oleh Ki Gede Sebayu. Penobatan Sebayu sebagai pempimpin tertinggi dilakukan bersamaan dengan festival tradisional setelah panen besar yakni 12 April 1580.

Ki Gede Sebayu berhasil mengembangkan hasil pertanian karen tanah yang mereka tempati sangat subur.

Kota Tegal memiliki kultur yang unik salah satunya adalah dari segi bahasa. Mereka memiliki bahasa sendiri yang dikenal dengan bahasa Tegal.

Tegal juga memiliki penyair yang masuk dalam Angkatan 66 yakni Piek Ardijanto Sopeprijadi dan SN Ratmana. Selain itu ada dua tokok perfilman yang berasal dari Tegal yaki Imam Tantowi dan Chaerul Umam.

Tegal juga memiliki tradisi mantu poci. Yakni 'pesta perkawinan' antara sepasang pici tanah berukuran raksasa.

Mantu poci biasanya digelar oleh pasangan suami istri yang sudah lama menikah namun belum dikarunia anak. Seperti layaknya pesta penikahan, mantu poci juga dihadiri banyak undangan serta dengan dekorasi dan jamuan makan yang lengkap.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/28/08180021/asal-usul-tegal-dari-pelaut-portugis-hingga-cerita-ki-gede-sebayu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke