Salin Artikel

3 Penambang Tewas, Petugas Sisir Lokasi Longsor Tambang Emas Ilegal di Parigi Moutong

KOMPAS.com - Setidaknya tiga penambang tewas dan puluhan orang dalam pencarian saat terjadi Longsor di lokasi penambangan emas ilegal di Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Parigo Moutong, Sulawesi Tengah, pada Rabu (24/2/2021).

Menurut Humas Pencarian dan Pertolongan Palu Fatmawati, data sementara yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, 18 orang berhasil dievakuasi.

"Dari 18 orang tersebut, 15 orang selamat, 3 orang di antaranya meninggal dunia," kata Fatmawati, dihubungi Kompas.com, Kamis (25/2/2021).

Dilansir dari Antara, peristiwa tersebut terjadi pada Rabu sekitar Pukul 18.00 Wita yang berjarak kurang lebih sekitar 52 kilometer dari Kota Parigi, ibu kota Kabupaten Parigi Moutong.

"Kami berharap korban tertimbun longsor bisa segera dievakuasi. Mudah-mudahan semua dalam keadaan baik dan laporan kami terima, Tim SAR terus berupaya melakukan kegiatan evakuasi," kata Fatmawati.

Namun demikian, menurut Fatmawati, jumlah pasti penambang yang diduga tertimbun masih belum diketahui.

Saat ini petugas masih fokus untuk melakukan pencarian para korban. Pencarian dilakukan dengan menggunakan alat berat serta alat manual seperti pacul dan sekop.


Data sementara

Berdasar data sementara dari Basarnas Palu, tercatat ada 26 korban dalam peristiwa tersebut.

Sebanyak 15 korban selamat, tiga orang luka-luka, dan tiga dinyatakan meninggal dunia serta lima orang lainnya masih dalam proses pencarian.

(Penulis: Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/02/25/10031671/3-penambang-tewas-petugas-sisir-lokasi-longsor-tambang-emas-ilegal-di-parigi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke