Salin Artikel

Jaringan Internet Jelek, Kepala Daerah Terpilih Mahakam Ulu Kaltim Tak Bisa Ikut Pelantikan Virtual

SAMARINDA, KOMPAS.com – Akibat jaringan internet jelek, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Mahakam Ulu 2020, Bonifasius Belawan Geh – Yohanes Avun, tak bisa mengikuti pelantikan virtual dari daerahnya. 

Keduanya terpaksa datang ke Samarinda dilantik secara langsung atau tatap muka oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, Jumat (26/2/2021), di Pendopo Odah Etam kompleks Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Kota Samarinda. 

Awalnya semua daerah direncanakan virtual guna menghindari kerumunan di tengah Covid-19.

Namun, belakangan Mahakam Ulu terpaksa dikecualikan, mengingat jaringan internet di daerah ini kurang lancar.

“Sesuai arahan Pak Gub (Gubernur) dan surat edaran Mendagri, khusus Mahakam Ulu dilantik secara langsung karena pertimbangan jaringan internet yang belum mendukung,” ungkap Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kaltim HM Syafranuddin saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (24/2/2021).

Sementara, di saat bersamaan, lima pasangan kepala daerah terpilih lainnya, yakni Kutai Timur, Berau, Kutai Kartanegara, Paser serta Samarinda mengikuti pelantikan secara virtual di hari yang sama. Para kepala daerah mengikuti  dari daerah masing-masing, tak perlu ke Samarinda.

Panitia pelaksanaan pelantikan virtual akan dipimpin sekretarias daerah (Sekda) di masing-masing daerah. 

Khusus pasangan kepala daerah yang dilantik virtual, ada beberapa sesi pelantikan yang ditiadakan,  seperti, penyematan tanda jabatan, pemasangan pangkat serta penyerahan SK Mendagri.

“Tapi sumpah jabatan tetap ada. Gubernur Kaltim akan membacakan secara virtual dan diikuti oleh para kepala daerah yang dilantik,” jelas dia.

Setelah sumpah jabatan, para kepala daerah diminta menandatangani berita acara sumpah disaksikan rohaniawan.

Sebagai informasi, kepala daerah yang dilantik virtual yakni Kota Samarinda, Andi Harun dan Rusmadi, Kabupaten Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman dan Kasmidi Bulang.

Kemudian, Kabupaten Paser, Fahmi dan Masitah, Kabupaten Berau, Sri Juniarsih dan Gamalis, Kutai Kertanegara, Edi Damansyah dan Rendy Solihin serta Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh dan Yohanes Avun yang dilantik tatap muka dari Pendopo di Samarinda. 

Sementara, tiga daerah yakni Balikpapan, Bontang dan Kutai Barat pelantikannya menyusul. Alasan masih menunggu SK Kemendagri.

Diketahui, Pilkada serentak 2020 di Kaltim diikuti oleh sembilan kabupaten dan kota, minus Kabupaten Penajam Paser Utara.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/25/06382401/jaringan-internet-jelek-kepala-daerah-terpilih-mahakam-ulu-kaltim-tak-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke