Salin Artikel

Sejumlah Pemukiman Warga dan Ruas Jalan di Kota Semarang Masih Terendam Air

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebagian wilayah di Kota Semarang masih terdapat genangan air usai diguyur hujan deras selama lebih dari dua jam pada Selasa (23/2/2021).

Data yang diterima dari BPBD Kota Semarang pada pukul.15.00 WIB, Rabu (24/2/2021) sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga masih terendam banjir.

Di antaranya, Jalan Bubakan dan Mataram, Jalan Kaligawe, Jalan Muktiharjo Lor, Kelurahan Muktiharjo Kidul, Jalan Dong Biru, Kelurahan Genuksari, Kelurahan Gebangsari, Kelurahan Trimulyo, Kelurahan Sawah Besar, Kelurahan Kaligawe, Kelurahan Tambakrejo dan Jalan Gebang Anom.

"Ketinggian air sekitar 20-30 cm. Yang dalam di Kaligawe sekitar 40 cm," jelas Sekretaris BPBD Kota Semarang Winarsono melalui pesan singkat, Rabu (24/2/2021).

Sebelumnya, sebagian Kawasan Kota Lama terutama di sekitar polder Stasiun Semarang Tawang juga masih terdapat genangan air.

Akses masuk Stasiun Semarang Tawang juga masih tergenang air sehingga pelayanan penumpang dialihkan sementara ke Stasiun Semarang Poncol.

Sedangkan, di Gereja Blenduk dan Taman Srigunting genangan air sudah surut.

Pantauan Kompas.com, Jalan Pengapon menuju arah Kaligawe genangan air cukup tinggi hingga memasuki pemukiman warga.

Kemudian, perempatan traffic light ke arah Jalan Citarum juga terendam banjir.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat mengecek beberapa titik genangan air termasuk kawasan Kota Lama sembari gowes tadi pagi.

Ganjar juga memastikan pompa-pompa di Kota Semarang aktif agar genangan air segera surut.

"Masih terjadi beberapa genangan kaya di Kota Lama terus kemudian yang ada di sekitar bandara, kita coba cek pompanya hidup, alhamdulillah pompanya juga hidup maka kita minta untuk ditungguin, Mudah-mudahan insyaallah kalau hari ini tidak ada hujan yang lebat, mudah-mudahan siang ini udah kering. Karena pompanya alhamdulillah jalan semuanya," ujar Ganjar.

Ganjar juga mendapati banyaknya sampah yang menumpuk dari aliran air saat mengecek rumah pompa Kota Lama Semarang.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/24/18563761/sejumlah-pemukiman-warga-dan-ruas-jalan-di-kota-semarang-masih-terendam-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke