Salin Artikel

13 Hari Kabur Bersama Kekasih, Pelarian Andrew Ayer Buronan Interpol Berakhir di Seminyak Bali

Tiga belas hari kemudian, dia ditangkap di salah satu vila di Seminyak, Bali bersama kekasihnya Ekaterina Trubkina. Tepatnya pada Rabu (24/2/2021) dini hari.

Andrew adalah buronan Interpol dan terlibat kasus narkoba dengan vonis 1,5 tahun pejara. Ia sempat menjalani hukuman pidana di Lapas Kelas IIA Kerobokan, Bali.

Kabur setelah dijenguk kekasihnya

Kasi Informasi Kanim Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai Putu Suhendra mengatakan, Andrew kabur setelah dijenguk kekasihnya Ekaterina di Imigrasi Ngurah Rai Bali.

Setelah masa hukumannya di lapas berakhir, Andrew diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada 3 Februari 2021.

Rencananya ia akan dideportasi dan diserahkan ke Interpol. Ia hendak dipindahkan ke Rudenim Denpasar karena keterbatasan ruang detensi di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI ngurah Rai.

Saat proses administrasi untuk diserahkan kepada Interpol, Andrew dikunjungi teman perempuannya. Setelah dijenguk, Andrew hendak diperiksa petugas.

Namun, ternyata saat proses pemeriksaan berlangsung, Andrew menyelinap dari dalam ruang pemeriksaan dan melarikan diri.

"Untuk melakukan pencarian kami mengerahkan seluruh jajaran di seluruh wilayah Bali.(disiagakan petugas) perbatasan-perlintasan mencegah lari dari Bali," kata Eko, Rabu (24/2/2021).

Penangkapan dilakukan setelah ada informasi keduanya tinggal di salah satu villa di Seminyak, Bali.

Polisi bersama Imigrasi lalu mencari dan menangkap Andrew dan Ekaterina. Keduanya lalu dibawa ke ruang detensi imigrasi.

Sementara utu Direktur Kriminal Umum Polda Bali Kombes Pol Djuhandani Raharjo Puro mengatakan, Andrew merupakan buronan Interpol dengan kasus narkoba.

Sementara pasangannya turut ditangkap karena berperan membantu pelarian Andrew. Ekaterina menggambarkan situasi di lokasi sebelum Andrew kabur.

Ia menjelaskan petugas mencari keberadaan Andrew di Karangasem hingga Ubud, Gianyar. Informasi terakhir, merek diketahui tinggal di sebuah vila.

"Berkaitan tindak pidana di hukum Polda Bali kita akan melihat lebih lanjut sejauh mana (Andrew) termasuk pasangannya. Ini akan proses lebih lanjut," kata dia

Saat ini polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap keduanya.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Imam Rosidin | Editor : Dony Aprian, David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2021/02/24/15350051/13-hari-kabur-bersama-kekasih-pelarian-andrew-ayer-buronan-interpol-berakhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke