Salin Artikel

Jembatan Penghubung Putus Disapu Banjir, Kabupaten Yalimo di Papua Terisolasi

Kondisi itu membuat Kabupaten Yalimo kini terisolasi. Sebab, jembatan itu merupakan satu-satunya akses penghubung dari Jayawijaya menuju Yalimo.

Kondisi ini diperburuk karena akses lain menuju Yalimo dari Jayapura lebih dulu terputus setelah sebuah jembatan di Distrik Benawa rusak parah.

"Jalur Wamena-Yalimo terputus dari kemarin (22/3/2021). Akses ke Yalimo sebelumnya bisa diakses lewat jalan darat dari Jayapura juga, tapi jalannya masih putus karena jembatan Benawa putus, Jadi Yalimo sekarang terisolasi," ujar Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, banjir yang melanda Distrik Abenaho cukup deras sehingga membuat jembatan tersebut putus.

Hingga sore ini, sambung Arif, hujan masih turun di Yalimo. Pembangunan jembatan sementara belum bisa dilakukan.

"Saya tidak tahu itu kategorinya banjir bandang atau bukan tapi airnya deras dan memang jembatannya belum permanen, masih jembatan sementara. Sampai saat ini belum ada jembatan pengganti karena masih hujan, sampai sekarang masih terputus," kata dia.

Arif memastikan, keadaan di Yalimo masih terkendali. Kebutuhan masyarakat seperti bahan pokok masih tersedia.

Sebagai antisipasi, pihaknya juga membuka posko kesehatan untuk merawat warga yang merasa sakit.

"Sampai sore ini kebutuhan masyarakat masih tercukupi semua, kita juga buka pos kesehatan karena di sana ada Koramil Elelim," kata Arif.


Pemadaman listrik

Terputusnya akses ke Yalimo juga membuat PT PLN (persero) melakukan penyesuaian operasional pembangkit yang masih menggunakan bahan bakar solar.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Abdul Farid menjelaskan, hal ini dikarenakan pasokan bahan bakar dari Jayawijaya belum bisa diantar ke Yalimo.

"Sebagai langkah antisipasi, PLN harus melakukan pemadaman terencana selama enam hari ke depan, mulai tanggal 23-28 Februari 2021 pada pukul 12.00-18.00 WIT. Hal ini dilakukan guna menekan kebutuhan bahan bakar yang ada sembari menunggu akses jalan dapat dilalui kembali," kata dia melalui keterangan tertulis, Selasa.

PLTD Elelim memiliki daya sebesar 1.100 kW. Daya tersebut menyuplai 1.174 pelanggan yang ada di Yalimo dengan beban puncak saat ini mencapai 400 kW.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/23/18305221/jembatan-penghubung-putus-disapu-banjir-kabupaten-yalimo-di-papua-terisolasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke