Salin Artikel

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Banyumas Belum Dimulai

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Dwi Mulyanto mengatakan, berdasarkan pendataan yang dilakukan terdapat sekitar 80.000-an lansia.

"Di (tingkat) kabupaten belum (ada vaksinasi untuk lansia, diprioritaskan di ibu kota provinsi dulu, itu pun enggak banyak, karena vaksinnya terbatas, sini belum," kata Dwi kepada wartawan, Selasa (23/2/2021).

Vaksinasi tahap kedua di Banyumas, kata Dwi, diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang belum divaksin pada tahap pertama, tokoh agama, anggota dewan, TNI, polisi, dan sebagian pegawai pemerintah.

"Tahap kedua ini kami mendapat 12.750 dosis, dibagi dua jadi untuk 6.370 sasaran. Tenaga kesehatan yang belum divaksin pada tahap pertama juga belum semuanya akan divaksin pada tahap kedua ini," ujar Dwi.

Namun Dwi mengatakan, pada prinsipnya seluruh masyarakat akan mendapatkan vaksin Covid-19.

Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap menyesuaikan jumlah vaksin yang tersedia.

"Intinya kami sudah siap melakukan vaksinasi. Fasilitas kesehatan (untuk pelaksanaam vaksinasi) juga kami perbanyak," kata Dwi.

Pada tahap pertama, Pemkab menyiapkan 59 fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi. Pada tahap kedua ini telah ditambah menjadi 89 fasilitas kesehatan.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/23/12560071/vaksinasi-covid-19-untuk-lansia-di-banyumas-belum-dimulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke