Salin Artikel

Pakar Biologi ITS Sarankan Pemerintah dan Warga Susun Protokol Mitigasi Paus Terdampar

SURABAYA, KOMPAS.com - Pakar Biologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyebut, pentingnya pemerintah dan masyarakat lokal untuk menyusun protokol mitigasi khusus untuk menangani paus yang terdampar.

Karena kejadian paus terdampar tidak hanya sekali dua kali terjadi di Indonesia.

Protokol mitigasi tujuan utamanya membentuk respons yang tanggap dari masyarakat dan pemerintah untuk membantu paus yang terdampar agar kembali melakukan perjalanan migrasinya di perairan.

"Tubuh paus yang relatif besar menyebabkan dia tidak dapat bermanuver kembali ke laut, sehingga dibutuhkan bantuan langsung dari manusia," kata Kepala Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Analitika Data ITS Surabaya Dewi Hidayati, saat dikonfirmasi, Senin (22/2/2021).

Protokol mitigasi bisa disusun dengan memprediksi waktu paus terdampar, membangun pos pantau di garis pantai tertentu, dan menyusun penanganan teknis saat ada paus yang terdampar di pantai.

"Seperti bagaimana menjaga paus tetap dalam keadaan basah karena penyebab paus mati karena kehilangan kadar air di tubuhnya secara drastis. Jadi, paus harus tetap disiram dengan air laut," terang dia.

Beberapa literasi ilmiah bahkan menyarankan untuk melakukan euthanasia demi untuk mengurangi penderitaan paus jika memang tidak mungkin dikembalikan ke laut.

Euthanasia adalah praktik membunuh hewan atau manusia tanpa rasa sakit untuk tujuan mengurangi penderitaan, biasanya dengan memberikan suntik mati.


Untuk penanganan paus yang sudah mati, Dewi menyarankan untuk mengutamakan membuang bangkai ke laut, karena dengan banyaknya bangkai yang membusuk, dapat dijadikan sebagai sumber makanan predator yang dapat berkontribusi pada rantai makanan laut.

"Mungkin juga dari rangka paus yang mati bisa dijadikan sebagai sumber bahan pengajaran untuk mengembangkan studi tentang mamalia laut," ujar dia.

Kamis (18/2/2021) lalu, puluhan paus terdampar di pantai Desa Patereman Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan.

Catatan BKSDA Jawa Timur, jumlah paus yang terdampar di pantai tersebut sebanyak 52 ekor.

Dari jumlah tersebut, 49 ekor ditemukan mati, dan tiga sisanya ditemukan dalam keadaan hidup. Tiga ekor paus yang ditemukan hidup telah digiring dan dilepaskan ke laut lepas.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/22/17574271/pakar-biologi-its-sarankan-pemerintah-dan-warga-susun-protokol-mitigasi-paus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke