Salin Artikel

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Siaga Bencana 17 Kabupaten dan Kota di Sulsel

Peringatan dini siaga bencana ini berlaku 22 Febrari 2021 mulai pukul 07.00 Wita hingga 23 Februari 2021 pukul 07.00 Wita.

Peringatan dini siaga bencana di waktu itu berpotensi hujan lebat yang bisa berdampak banjir bandang.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Agusmin mengungkapkan,  ada 17 kabupaten dan kota yang berstatus siaga yakni Kabupaten Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, Tana Toraja, Barru, Soppeng, Sidenreng, Wajo, Jeneponto, Gowa, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Bone, Takalar,  Kota Palopo, Kota Parepare, dan Kota Makassar.

Sedangkan untuk status waspada untuk wilayah Kabupaten Pinrang, Enrekang, Sidenreng Rappang, Wajo, Bantaeng, Bulukumba, dan Sinjai.

Agusmin menjelaskan, curah hujan lebat berpotensi terjadi di Sulsel, Senin (21/2/2021) berdasarkan dari beberapa model cuaca untuk potensi hujan lebat esok hari.

Selain itu, jika dilihat dari dinamika atmosfernya terdapat beberapa faktor salah satunya yaitu terdapat daerah pertemuan massa udara (konvergensi) di wilayah perairan barat daya sulawesi selatan yang berdampak pada aktivitas pertumbuhan awan awan konvektif di wilayah pesisir barat Sulsel.

“Jika dilihat dari dinamika atmosfernya terdapat beberapa faktor, salah satunya yaitu terdapat daerah pertemuan massa udara (konvergensi) di wilayah perairan barat daya Sulawesi Selatan yang berdampak pada aktivitas pertumbuhan awan awan konvektif di wilayah pesisir barat Sulsel,” jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/02/22/05510681/bmkg-keluarkan-peringatan-dini-siaga-bencana-17-kabupaten-dan-kota-di-sulsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke