Salin Artikel

Meninggal karena Covid-19, Perawat Erny Sempat ke Luar Kota Setelah Disuntik Vaksin

Direktur Utama RSUD Ngudi Waluyo Endah Woro Utami mengatakan, Erny meninggal delapan hari setelah dinyatakan positif Covid-19. Obesitas diduga menjadi faktor yang memperparah kondisi Erny.

Woro menyebutkan, perawat berusia 33 tahun itu telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama pada 28 Januari.

"Suhunya normal, riwayat sakit tidak ada,masih muda, jadi dia sehat (sebelum divaksin," kata Woro saat dikonfirmasi, Minggu (21/2/2021).

Pada 6 Februari, Erny dilarikan ke rumah sakit karena mengalami demam dan sesak napas.

Erny menjalani tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dan dinyatakan positif Covid-19.

Woro belum bisa memastikan dari mana Erny tertular Covid-19. Meski bekerja di ruang isolasi pasien Covid-19, tak ada rekan Erny yang dinyatakan positif corona.

Ia menduga, Erny tak tertular dari tempat kerja. Tetapi, kata dia, Erny sempat pergi ke luar kota usai menerima vaksin Covid-19.

"Tapi setelah divaksin dia sempat pergi (ke luar kota). Jadi kita tidak tahu dari mana karena teman-teman di sekitarnya tidak ada yang positif dan dia disiplin memakai hazmat saat kerja pelayanan," jelas Woro.


Erny, kata dia, diduga tertular saat melakukan perjalanan ke luar kota tersebut. Meski telah divaksin, antibodi di dalam tubuhnya belum terbentuk sempurna.

Erny telah bekerja selama 11 tahun di RSUD Ngudi Waluyo. Saat meninggal, ia berstatus sebagai pekerja kontrak sejak 2016.

Berdasarkan tracing, suami Erny positif Covid-19 tanpa gejala.

Vaksinasi dosis pertama di Kabupaten telah menjangkau 2.895 tenaga medis. Hingga Sabtu (20/2/2021), vaksinasi dosis kedua telah diberikan kepada 2.530 penerima.

Tercatat 4.232 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar hingga Sabtu (20/2/2021). Dari jumlah itu, terdapat 359 kasus kematian dan 234 kasus aktif.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/21/17594181/meninggal-karena-covid-19-perawat-erny-sempat-ke-luar-kota-setelah-disuntik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke