Salin Artikel

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Selat Makassar dan Teluk Bone

MAKASSAR, KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Paotere Makassar mengeluarkan surat peringatan dini gelombang tinggi di Perairan Selat Makassar dan Teluk Bone.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, Mujahidin dalam surat yang diterbitkan, Kamis (18/2/2021) menyebutkan, peringatan dini ini berlaku hingga Minggu (21/2/2021) pukul 20.00 Wita.

Mujahidin mengungkapkan, gelombang setinggi 1,25 hingga 2,5 meter berpotensi terjadi di Perairan Parepare, Teluk Bone bagian utara, Teluk Bone bagian selatan, dan perairan timur Kepulauan Selayar.

“Sedangkan gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Spermonde Makassar, Perairan barat Kepulauan Selayar, Perairan Sabalana, Laut Flores, Perairan Pulau Bonerate-Kalotoa,” kata Mujahidin.

Mujahidin menjelaskan, gelombang tinggi ini terjadi dikarenakan terdapat pusat tekanan rendah 1003 hPa di Australia bagian barat laut, 1005 hPa dan 1008 hPa di utara Australia, dan 1007 hPa di timur laut Australia.

“Tekanan rendah ini mengakibatkan adanya perbedaan tekanan udara yang besar antara bagian utara Indonesia dan bagian selatan Indonesia sehingga berdampak pada tingginya kecepatan angin khususnya di perairan sekitar Sulawesi Selatan yang bertiup dari barat-barat laut dengan kecepatan 10-30 knot," katanya.

Dengan begitu, lanjut Mujahidin, tingginya kecepatan angin ini berdampak pada adanya peningkatan tinggi gelombang khususnya di perairan Sulawesi Selatan.

“Diimbau kepada seluruh nelayan maupun orang melakukan pelayaran agar berhati-hati dengan gelombang tinggi hingga 4 meter yang diprediksi terjadi mula pada Kamis 18 Februari 2021 pukul 20.00 Wita  hingga Minggu 21 Februari 2021 pukul 20.00 Wita,” tambahnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/02/18/21454061/bmkg-keluarkan-peringatan-dini-gelombang-tinggi-di-perairan-selat-makassar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke