Salin Artikel

Melepas Laju Terakhir KA Prameks Usai 27 Tahun Bertugas di Solo-Yogya

KOMPAS.com - Tak terasa 27 tahun sudah Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) menemani para penumpangnya menempuh perjalanan Solo-Yogyakarta maupun sebaliknya.

Sejak Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Yogyakarta (PP) beroperasi mulai 10 Februari 2021, KA Prameks relasi Solo-Yogyakarta (PP) “dipensiunkan”.

Sebagai ungkapan terima kasih atas jasa KA Prameks, komunitas pengguna KA Prameks, Pramekers, bersama PT Commuter Indonesia (KCI) memberikan penghormatan terakhir di Stasiun Balapan, Kamis (9/2/2021).

Dalam sebuah video viral tampak para anggota Pramekers dan pegawai PT KCI melepas perjalanan KA Prameks relasi Solo-Yogyakarta terakhir.

Kereta tersebut diberangkatkan pukul 18.50 WIB dari Stasiun Solo Balapan, Selasa (9/2/2021).

Mereka berbaris di peron stasiun sambil memberikan penghormatan kepada KA Prameks.

“Pukul 18.30 WIB kita ngasih bunga ke para pengguna ke kepala stasiun dan masinis. Ada acara foto-foto, sebagai rasa terima kasih juga tentu kan Prameks bisa melayani sampai 27 tahun ini tidak lepas dari masyarakat pengguna. Makanya, kita berikan suvenir," ujar Manajer Humas PT KCI Adli Hakim kepada Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Dia menjelaskan seremoni tersebut merupakan gagasan dari para komunitas pengguna KA Prameks maupun pengguna KA di wilayah Solo dan Yogyakarta.

"Kemudian dikomunikasikan ke kami, pimpinan-pimpinan kami juga punya rasa dan keinginan yang sama makanya kita realisasikan dengan acara kemarin malam," terangnya.


Adli menuturkan KA Prameks masih beroperasi, tetapi tidak lagi melayani rute Solo-Yogyakarta (PP).

"Mulai hari ini KA Prameks sudah tidak berjalan lagi di lintas Solo-Yogyakarta. Lintas Solo-Yogyakarta seluruhnya dengan KRL. Prameks geser ke lintas Yogyakarta-Kutoarjo," ucap dia.

Sebagai pengganti KA Prameks, PT KCI mengoperasikan KRL Solo-Yogyakarta yang durasi tempuhnya disebut lebih cepat.

Menurut Adli, dengan menggunakan KRL, Solo-Yogyakarta bisa ditempuh dalam 68 menit.

"Kalau Prameks di 75 menit berhenti di tujuh stasiun. Kalau KRL Solo-Yogyakarta sudah lebih cepat dan melayani naik turun di 11 stasiun kereta api," paparnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/02/12/07300011/melepas-laju-terakhir-ka-prameks-usai-27-tahun-bertugas-di-solo-yogya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke