Salin Artikel

Pandemi Corona, Perayaan Imlek di Kelenteng Kim Hin Kiong Gunakan Penjadwalan

GRESIK, KOMPAS.com - Perayaan Imlek 2572/2021 di Kelenteng Kim Hin Kiong bakal berbeda dari tahun sebelumnya.

Perayaan Imlek di kelenteng yang berlokasi di Jalan Dr Setia Budi Gang Kelenteng nomor 56, Kelurahan Pulopancikan, Kecamatan Gresik Kota, Gresik, Jawa Timur, itu bakal dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat karena bersamaan dengan pandemi Covid-19.

"Imlek pada tahun ini difokuskan pada ritual minta doa. Untuk jemaah yang datang, diimbau sembayang secara bergantian," ujar Ketua Kelenteng Kim Hin Kiong, Budi Prasetyo Tedjo kepada awak media, Kamis (11/2/2021).

Untuk itu, pengurus kelenteng bakal membuat penjadwalan bagi jemaah yang datang supaya sembayang dilakukan secara tertib bergantian, dan pastinya menghindari kerumunan massa untuk mencegah penyebaran penularan Covid-19.

Ritual penutup tahun dilakukan pada malam ini sekitar pukul 23.00 WIB, yang dikatakan Budi sebagai tanda terima kasih kepada kaisar langit.

Agenda inipun hanya akan diikuti oleh enam pengurus inti Kelenteng Kim Him Kiong.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Gresik Markus mengatakan, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung memang membuat kegiatan keagamaan harus dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sesuai instruksi Menteri Agama RI.

"Kami sampaikan terima kasih kepada pengurus kelenteng, yang sudah proaktif mengimbau para jemaah dalam mematuhi imbauan pemerintah, dalam rangka memutus penyebaran Covid-19," tutur Markus.

Markus berharap, para jemaah di kelenteng mematuhi penerapan protokol kesehatan 5M.

Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas interaksi sosial, serta menghindari adanya kerumunan.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/11/19191721/pandemi-corona-perayaan-imlek-di-kelenteng-kim-hin-kiong-gunakan-penjadwalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke