Salin Artikel

Ribuan Rumah di Keerom Papua Kebanjiran, 4.700 Jiwa Terdampak

KOMPAS.com - Sebanyak 1.155 rumah yang dihuni sekitar 4.700 jiwa di Kabupaten Keerom, Papua, hingga kini masih terendam banjir.

Pejabat Sekda Keerom Irwan mengatakan, jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah mengingat wilayah yang terendam banjir makin meluas.

Sebagian besar warga enggan untuk mengungsi ke lokasi yang disediakan Pemda Keerom yakni di gedung pramuka, karena khawatir bila rumahnya ditinggal.

Mereka memilih mengungsi di sekitar pemukimannya atau tetap di dalam rumah.

Akibatnya, petugas dari TNI-Polri lah yang berkeliling membawa bantuan berupa makanan langsung santap yang dimasak di dapur umum karena warga tidak lagi bisa memasak akibat seluruh persediaan pangan miliknya terendam.

Saat ini, akses jalan ke berbagai wilayah di Keerom makin sulit.

Sebab, kendaraan khususnya roda empat sudah tidak bisa lagi melintas melalui jalan utama.

"Untuk menuju Keerom harus melintas dari Yoka karena air yang meluap melewati jembatan dilaporkan deras," kata Irwan, yang juga menjabat Kepala Dinas Perhubungan Keerom, seperti dilansir dari Antara, Rabu (10/2/2021).

Ketika ditanya tentang persediaan logistik, Irwan mengaku saat ini mulai menipis akibat dapur umum harus menyiapkan sebanyak 18.000 bungkus nasi beserta lauknya sehari.

Warga membutuhkan bantuan bahan makanan dan pakaian layak pakai serta air minum.

Untuk mencapai wilayah Keerom disarankan melewati Yoka dan melintasi bagian dalam Arso yang jaraknya relatif lebih jauh.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/10/22525341/ribuan-rumah-di-keerom-papua-kebanjiran-4700-jiwa-terdampak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke