Salin Artikel

Geopark Belitung Raih Skor Tertinggi, Diprediksi Segera Diakui UNESCO

Hal itu didasari dengan raihan skor 850 yang merupakan nilai tertinggi yang pernah diperoleh Indonesia pada ujian akhir sidang konsel 8 Desember 2020.

Skor tersebut menjadi hasil usaha pemerintah daerah yang terus bersinergi dengan pemerintah pusat.

Pemprov Kepulauan Bangka Belitung di bawah pemerintahan Gubernur Erzaldi juga terus mendorong agar Geopark Belitung diakui nasional hingga UNESCO.

"Saya bangga dengan tim persiapan Geopark Belitong. Ini sudah final dan tinggal di clearkan saja hingga sertifikat tersebut dapat kita terima pada April mendatang," kata Erzaldi saat santap malam di hari terakhir kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di Eco Beach, Tanjung Kelayang, Belitung, Sabtu (7/2/2021).

Tinggal tunggu pemanggilan UNESCO

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Pengurus (BP) Geopark Belitong, Yuspian, mengatakan, Geopark Belitong tinggal menunggu undangan pemanggilan.

Nantinya akan dijelaskan potensi geosite-geosite di Belitung yang telah diajukan pada November 2020.

Badan Pengelola Geopark Pulau Belitong sendiri adalah badan pengelola yang dibentuk bersama oleh Pemerintah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Tugasnya adalah mengembangkan potensi warisan geologi Pulau Belitong sehingga dapat memberikan efek kesejahteraan bagi masyarakat.


Nilai tertinggi dalam sejarah pengajuan Geopark UNESCO

Nilai tinggi yang diraih Babel hingga mencapai skor 850 untuk Geopark Belitong, merupakan nilai tertinggi yang pernah diperoleh Indonesia dalam pengalaman mengajukan diri menjadi Geopark UNESCO dalam standar skor penilaian tertinggi 1.000 poin.

Yuspian mengungkap bahwa sebenarnya Babel bukan lagi dalam rangka berjuang untuk status UNESCO Global Geopark (UGG), akan tetapi lebih dari itu.

"Dari nilai itu sudah dapat dipastikan bahwa Belitung lolos. Apalagi Belitung sudah dinyatakan lulus oleh sidang konsel. Jadi, nanti di bulan April jika tidak ada perubahan jadwal, akan segera dikukuhkan atau disahkan atau ketok palu untuk Belitung Geopark UNESCO," ungkapnya bersemangat.

"Ke depan kita akan mempersiapkan dan memberdayakan tim Geopark Belitong, mengingat banyak sekali daya tarik dari geopark disini," timpal Erzaldi mengapresiasi penjelasan Yuspian.

Bang Sandi, sapaan akrab Menteri Parekraf, memberikan apresiasi positif atas metamorfosis Pulau Belitung untuk lebih dikenal dunia.

"Hal ini menambah keyakinan kita bahwa Belitung memiliki sesuatu yang luar biasa. Ini destinasi incaran domestik dan mancanegara. Jadi, sudah seharusnya pariwisata lebih terdukung sehingga peluang pasar ekonomi kreatif lebih terbuka," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/08/11360681/geopark-belitung-raih-skor-tertinggi-diprediksi-segera-diakui-unesco

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke