Salin Artikel

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Talaud, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan

MANADO, KOMPAS.com - Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kepulauan Talaud Alpius Londoran menyatakan belum menerima laporan kerusakan dan korban yang timbul akibat gempa magnitudo 5,6 mengguncang Melonguane, Senin (8/2/2021) pukul 08.00 Wita.

Alpius menambahkan, warga saat ini sudah beraktivitas seperti biasa.

"Hingga kini belum ada laporan kerusakan dari camat. Biasanya kalau ada dampak dari gempa sudah ada laporan, tapi saat ini belum ada," kata Alpius kepada Kompas.com, Senin.

Sementara itu, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko menjelaskan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat deformasi batuan karena adanya aktivitas subduksi lempeng laut Filipina.

"Tidak ada informasi gempa bumi dirasakan oleh masyarakat di Talaud dan sekitarnya. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Edward.

Meski penyebabnya sama akibat subduksi lempeng laut Filipina dengan posisi lokasi pusat gempanya yang cukup jauh, gempa bumi ini bukan merupakan gempa susulan dari kejadian gempa magnitudo 7,1 yang terjadi pada tanggal 21 Januari 2021.

"Hingga pukul 11.30 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, gempa magnitudo 5,6 mengguncang Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Senin (8/2/2021) sekitar 08.00 Wita.

Lokasi gempa berada pada 5.65 LU,127.01 BT (187 kilometer Timur Laut Melonguane, Sulut), dengan kedalaman 11 kilometer.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko menyatakan, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami. Penyebabnya adalah akibat subduksi lempeng laut Filipina," kata Edward Henry Mengko saat dikonfirmasi, Senin pagi.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Talaud Alpius Londoran menjelaskan, warga tidak merasakan getaran gempa,

"Tidak terasa gempa di Melonguane," sebutnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/08/11351181/gempa-magnitudo-56-guncang-talaud-bpbd-belum-ada-laporan-kerusakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke