Salin Artikel

Polisi Tutup Alun-alun Kabupaten Bandung Selama 2 Hari

Lokasi yang biasa dijadikan tempat berkumpul itu akan ditutup dari tanggal 6-7 Februari 2021.

Kapolresta Bandung Kombes Hendra Kurniawan mengatakan, penutupan ini dilakukan untuk mencegah timbulnya klaster baru.

Selain itu, mengantisipasi lonjakan kasus akibat Covid-19 di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap dua ini.

"Kami bersama Gugus Tugas Kabupaten Bandung telah mengambil beberapa langkah, antara lain pada 6 sampai 7 Februari, titik-titik kumpul masyarakat akan ditutup sementara," kata Hendra dalam keterangan tertulis, Jumat, (5/2/2021).

Polisi juga telah mendirikan lima posko check point di beberapa perbatasan.

Kemudian, menyiagakan sembilan unit kendaraan yustisi yang akan bergerak dan 25 stasioner petugas yustisi di seluruh Polsek.

"Dari tiga langkah yang saya sebutkan tadi, tujuannya untuk memberikan edukasi, sosialisasi dan pembagian masker," ujar Hendra.


Langkah upaya memutus rantai Covid-19 ini terbukti dengan berubahnya status zona merah Kabupaten Bandung menjadi zona oranye.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, berdasarkan survei Kabupaten Bandung memiliki nilai yang baik dalam menjaga jarak.

"Jadi sekali lagi kami sampaikan, 6 dan 7 Februari 2021 nanti, semua alun-alun dan tempat yang sering dijadikan tempat berkerumun akan ditutup," kata Hendra.

Hendra mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Bandung untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk terus lebih disiplin lagi dengan melaksanakan 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut tingkat kedisiplinan warga Jawa Barat dalam menerapkan penggunaan masker dan jaga jarak mencapai 80-83 persen berdasarkan survei.

Namun dari beberapa daerah di Jabar, Kabupaten Bekasi paling tidak disiplin dalam menerapkan penggunaan masker dan jaga jarak.

Sedangkan yang paling disiplin memakai masker adalah Kota Cimahi.

Kemudian yang paling disiplin jaga jarak adalah Kabupaten Bandung.

"Saya umumkan yang paling disiplin masker sekarang ini adalah Kota Cimahi, dan paling tidak disiplin adalah Kabupaten Bekasi. Cimahi di atas 90 persen," ucap Emil.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/05/11181441/polisi-tutup-alun-alun-kabupaten-bandung-selama-2-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke