Salin Artikel

Pasar Akan Ditutup 2 Hari, Bupati Brebes: Siapkan Stok Pangan

Bupati Brebes Idza Priyanti meminta masyarakat untuk bisa menyiapkan stok pangan secara mandiri.

"Kami memohon warga untuk mempersiapkan stok bahan makanan ketika gerakan Jateng di rumah saja dua hari dilaksanakan," kata Idza Priyanti, kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

Idza mengatakan, masyarakat bisa berbelanja dahulu semua kebutuhannya sebelum pelaksanaan.

"Gerakan ini seluruh Jawa Tengah. Saya kira masyarakat akan mampu mematuhi, dan mereka juga mempunyai tabungan," katanya.

Sementara saat ditanya bantuan untuk warga terdampak penutupan seperti pedagang, Idza menyatakan belum ada kebijakan ke arah tersebut.

"Bagi para pekerja harian, bisa menggunakan tabungannya terlebih dahulu untuk mencukupi kebutuhan selama tidak bekerja dua hari. Kalau soal bantuan, belum ada kebijakan ke arah itu," imbuhnya.

Idza berharap melalui gerakan dua hari di rumah, bisa menekan laju penyebaran Covid-19.

Terlebih, sudah setahun masyarakat mengalami kejenuhan akibat pandemi yang menyebabkan perekonomian lemah dan kesehatan terganggu.

"Nanti kami melakukan sosialisasi. SE kebijakan ini juga hari ini saya tandatangani. Mobil keliling dari Dinkominfotik akan dikerahkan memberikan sosialisasi termasuk ke para pedagang di pasar-pasar," ujarnya.


Idza menegaskan, bagi para pengusaha, pedagang, dan pengelola tempat wisata yang melanggar, nantinya bisa diberikan sanksi tegas.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah berencana menutup sedikitnya 60 pasar tradisional mulai dari tingkat kota hingga pedesaan pada 6 dan 7 Februari 2021.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Brebes, Maryono mengatakan sebanyak 24 pasar tradisional kapasitas besar akan diawasi pihaknya.

"Sedangkan untuk 36 pasar desa akan diawasi oleh tingkat kecamatan dan desa," kata Maryono, kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

Maryono mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu surat pemberitahuan untuk segera didistribusikan ke pasar-pasar.

Sementara itu, rencana penutupan pasar selama dua hari mendapat respon dari sejumlah pedagang. Meski menerima, pedagang berharap ada kompensasi

Salah satu pedagang di Pasar Induk Brebes, Slamet S (53), menyatakan sebagian besar para pedagang tidak keberatan dan bahkan mendukung.

"Kami tidak keberatan dan mendukung. Namun karena tidak bisa berjualan dua hari, kami minta ada kompensasi dari pemerintah, ya minimal bantuan sembako untuk makan selama kami tutup dua hari," kata Slamet.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/03/17584181/pasar-akan-ditutup-2-hari-bupati-brebes-siapkan-stok-pangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke