Salin Artikel

Epidemiolog Unsoed Minta "Jateng di Rumah Saja" Diikuti Sanksi Tegas untuk Pelanggar

Ahli Epidemiologi Lapangan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dr Yudhi Wibowo menilai, pengecualian terhadap beberapa sektor esensial harus diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan.

"Namun harus dicek memang benar mereka melakukan kegiatan untuk hal yang sangat esensial. Jadi task force (gugus tugas) harus benar-benar mengecek di lapangan dan melakukan penertiban secara konsisten dan tegas," kata kata Yudhi melalui pesan singkat," Rabu (3/2/2021).

Dalam Surat Edaran Gubernur Jateng, disebutkan kebijakan tersebut dikecualikan untuk sektor esensial seperti kesehatan, kebencanaan, keamanan, energi, komunikasi, keuangan, perbankan, logisik dan kebutuhan pokok masyarakat, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utulitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai obyek vital nasional.

Yudhi mengapresiasi kebijakan Pemprov Jateng tersebut.

"Saya berpikir positif bahwa ini upaya bisa menurunkan mobilitas penduduk. Kalau lihat mobility trend dari Apple, sejak diterapkan PPKM secara nasional memang ada penurunan tren mobilitas, yaitu driving -21 persen dan walking -38 persen per 1 Februari 2021 di bawah base line," jelas Yudhi.

Namun jika diperhatikan setiap akhir pekan, kata Yudhi, selalu naik menjadi antara +6 persen sampai dengan +10 persen di atas base line.

"Artinya bahwa sejak PPKM diterapkan sebenarnya mobilitas penduduk cenderung menurun, namun kenyataannya penambahan kasus di atas 10.000 per hari dan positivity rate lebih dari 15 persen," ujar Yudhi.

Menurut Yudhi, untuk menekan laju penyebaran Covid-19 tidak cukup hanya dengan membatasi mobilitas penduduk saja.

"Namun harus dilihat faktor risiko yang bersifat individual. Terutama adalah pada faktor individu, yaitu kepatuhan terhadap protokol kesehatan 5M. Selama kepatuhan terhadap protokol kesehatan rendah, maka "Jateng di Rumah Saja" apalagi hanya selama dua hari, tidak akan efektif," lanjut Yudhi.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/03/10551271/epidemiolog-unsoed-minta-jateng-di-rumah-saja-diikuti-sanksi-tegas-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke