Salin Artikel

Usulan Ganjar soal "Jateng di Rumah Saja", Wali Kota Solo: Tak Efektif, jika...

KOMPAS.com - Usulan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo "Jateng di rumah saja" dianggap tak efektif jika hanya dua hari.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo pada Senin (1/2/2021).

"Tadi Pak Ganjar mengusulkan dua hari di rumah. Saya tidak setuju kalau dua hari di rumah," kata Rudy, sapaan FX Hadi, ditemui seusai mengikuti rapat Zoom Meeting di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (1/2/2021).

Alasannya, menurut Rudy, jika hanya dua hari program tersebut tidak akan menekan jumlah penularan Covid-19.

"Nanggung kalau dua hari itu. Itu perlu dipertimbangkan kalau Sabtu dan Minggu," ungkap dia.

Rudy menambahkan, soal kebijakan PPKM juga harus dievaluasi dengan mempertimbangkan tetap mempertahankan roda perekonomian masyarakat.

Sehingga, menurut Rudy, PPKM bisa berjalan seimbang dengan pencegahan Covid-19.  

"Target pertama mengendalikan penyebaran Covid-19. Target kedua ekonomi harus bergerak. Ekonomi bergerak suka tidak suka terjadi kerumunan massa," terang Rudy.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ganjar mengusulkan agar warga Jawa Tengah selama dua hari tak beraktivitas di luar rumah.

Hal itu, menurutnya, untuk mengurangi keramaian atau kerumunan yang berpotensi terjadi penularan Covid-19.

“Dengan cara itu, maka potensi terjadinya kerumunan pasti tidak terjadi. Juga aktivitas yang menimbulkan keramaian juga pasti tidak ada. Dengan cara itu, kita bisa menyetop penyebaran Covid-19," ujar Ganjar di kantornya, Senin (1/2/2021).

Sementara itu, Ganjar menegaskan, usulan itu bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan agar membangun kesadaran bahwa Covid-19 berbahaya.

"Apakah kita tidak bisa membangun kesadaran itu. Kalau dua hari saja kita menjaga diri dan menahan diri untuk tidak keluar rumah, maka nanti bisa dilihat apakah ini bisa efektif," ucapnya.

(Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia, Kontributor Solo: Labib Zamani | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/02/02/07490011/usulan-ganjar-soal-jateng-di-rumah-saja-wali-kota-solo-tak-efektif-jika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke