Salin Artikel

Dianggap Bernilai Tinggi, Batu Meteorit di Lampung Tengah Akan Dijual

Batu meteorit itu jatuh di kediaman Munjilah yang berada di Dusun 5 Astomulyo, Kecamatan Punggur, Lampung Tengah pada Kamis (28/1/2021) malam.

Kepala Dusun 5 Astomulyo Edi Kurniawan mengatakan, dari hasil pembicaraan dengan Munjilah, diketahui bahwa batu tersebut akan dijual.

Namun, menurut Edi, pemilik batu itu tidak secara eksplisit menyebutkan harga jual batu meteorit tersebut.

“Kalau harganya cocok mau dijual kata Bu Munjilah,” kata Edi saat dihubungi, Senin (1/2/2021).

Edi menambahkan, saat ini batu tersebut disimpan oleh salah satu warga, setelah aparat kepolisian menegur karena timbul kerumunan orang yang hendak melihat batu itu.

“Kemarin itu banyak warga yang datang melihat, mau ambil air rendaman batu yang katanya berkhasiat. Tapi oleh polisi disuruh simpan, karena sekarang masih (pandemi) Covid-19, membuat kerumunan,” kata Edi.

Sementara itu, Dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung Robiatul Muztaba mengatakan, seharusnya batu meteorit itu disimpan di lembaga penelitian atau di institusi pendidikan tinggi.

Menurut Robiatul, batu meteorit itu hendaknya tidak diperjualbelikan, namun disumbangkan ke negara untuk bahan penelitian.

“Sebaiknya tidak diperjualbelikan, tapi diberikan ke negara untuk penelitian, untuk kemajuan ilmu pengetahuan,” kata Robiatul.

Robiatul beralasan, selama ini batuan yang dipelajari adalah yang bersumber dari bumi.

Kini, batu meteorit dari luar angkasa itu bisa dijadikan bahan penelitian untuk dipelajari.

“Bisa menjadi bahan penelitian di Indonesia, khususnya di Lampung dan mengembangkan ilmu pengetahuan,” kata Robiatul.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/01/12361991/dianggap-bernilai-tinggi-batu-meteorit-di-lampung-tengah-akan-dijual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke