Salin Artikel

Soal Sandiaga Ngantor di Bali, Gubernur: Pariwisata akan Pulih Sendiri Kalau Pandemi Selesai

DENPASAR, KOMPAS.com - Gubernur Bali Wayan Koster menanggapi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang mengaku berkantor di Bali.

Menurutnya, yang terpenting saat ini adalah bagaimana pandemi Covid-19 segera berakhir.

Dengan demikian, pariwisata Bali akan pulih sendiri.

“Pak Sandi berkantor ke Bali urusannya bukan berkantor di Bali apa enggak, bagaimana pandemi ini berakhir, itu saja. Pariwisata akan pulih sendiri kalau pandemi sudah selesai,” kata Koster, usai peresmian kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bali, Jalan Melati Nomor 14, Denpasar, Jumat (29/1/2021).

Koster menilai, berkantornya Sandiaga di Bali merupakan bentuk perhatian dan dukungannya kepada Bali.

“Saya kira niatnya bagus, perhatian artinya,” kata dia.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengapresiasi rencana Sandiaga.

Menurutnya, hal ini bisa mengundang sesama pengusaha untuk mengunjungi Bali.

"Jadi, tentu ini akan menginspirasi teman-temannya Pak Sandi sesama pengusaha ke Bali, ini baik sekali untuk Bali ke depan," kata pria yang akrab disapa Cok Ace ini.


Cok Ace belum memprediksi seberapa berpengaruh kunjungan Sandiaga terhadap dunia pariwisata dan industri kreatif di Bali.

"Kalau presentasi saya tidak bisa katakan, tapi pasti berpengaruh besar, apalagi beliau kan rajin posting, menarik datang ke Bali," kata dia.

Menurutnya, seorang menteri berdinas di daerah lain adalah hal yang biasa.

Hal ini pernah dilakukan oleh Menteri Pariwisata periode 2014-2019, Arief Yahya yang berdinas di Bali karena Gunung Agung meletus.

“Jadi, sebelumnya juga dulu banyak waktu Pak Arief Yahya Gunung Agung meletus, beliau juga dulu dari sini. Kemudian, menteri-menteri sebelumnya. Kalau ada musibah meski tidak berkantor di Bali beliau memberikan perhatian yang lebih, tidak hanya sehari, tidak hanya beberapa jam, minimal dua tiga hari di Bali sebagaimana dilakukan Pak Sandi,” kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/29/12473471/soal-sandiaga-ngantor-di-bali-gubernur-pariwisata-akan-pulih-sendiri-kalau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke