Salin Artikel

26 Suster dan 29 Karyawan Biara St. Anna Sleman Positif Covid-19

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 26 suster dan 29 karyawan di Biara St. Anna, Depok, Sleman, DIY terpapar Covid-19. Mayoritas suster yang terpapar Covid-19 adalah lansia.

Sebab, Biara St. Anna ini adalah biara adi yuswa yaitu biara untuk orang-orang lansia.

Pimpinan Kongregasi CB, Suster Yustiana membenarkan hal tersebut.

Ia menceritakan awal mula ditemukannya kasus Covid-19 di biara tersebut ketika ada salah satu karyawan yang bertugas sebagai asisten perawat merasakan demam.

Karena khawatir dengan keadaan itu, pihak biara lalu memutuskan untuk melakukan swab massal dan ditemukan 26 suster dan 29 karyawan terpapar Covid-19.

"Benar. Informasinya benar (suster dan karyawan terpapar Covid-19). Hasil swab keluar pada tanggal 26 Januari, Awalnya itu asisten perawat itu ada gejala. Terus mendatangkan lab untuk datang ke sini melakukan swab massal," kata Suster Yustiana saat dihubungi awak media, Kamis (28/1/2021).

Yustiana mengatakan, beberapa suster yang memiliki komorbid langsung dilarikan ke Rumah Sakit Panti Rapih untuk mendapatkan perawatan.

Sedangkan suster dan karyawan dengan status orang tanpa gejala (OTG) melakukan isolasi mandiri.

"Sekarang yang komorbid masuk Rumah Sakit Panti Rapih. Kami juga solider dengan masyarakat karena mereka lebih membutuhkan Panti Rapih. Maka kami yang komorbid 4 langsung masuk rumah sakit. Yang 22 itu OTG," kata dia.

"Jadi kami di kamar masing-masing. Perawat yang mengurusi pakai APD juga," ujar Yustiana.

Sedangkan untuk karyawan yang statusnya OTG melakukan isolasi mandiri di beberapa tempat, ada yang melakukan isolasi mandiri di shelter corona yaitu asrama haji di Sleman.

"Kalau karyawan kita kerja sama dengan satgas setempatkan mereka pulang ke rumah masing-masing nah kami ngecek lewat satgas setempat dan memberi perhatian ngirimi obat makan," tambahnya.

Saat masa pandemi seperti sekarang pihaknya telah menjalankan protokol kesehatan secara ketat, seperti wajib mencuci tangan, memakai masker medis, mengukur suhu tubuh.

"Bermacam-macam fasilitas di biara St. Anna ketika masuk cuci tangan, wajib pakai masker kesehatan, ukur suhu, semua kami upayakan," kata dia.

Yustina menambahkan, dengan adanya suster terkonfirmasi positif biara St. Anna mendapatkan bantuan dari berbagai pihak.

"Jadi banyak orang yang peduli membantu vitamin, obat-obatan, APD, dan lainnya. Kami bersyukur untuk itu," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/28/22070181/26-suster-dan-29-karyawan-biara-st-anna-sleman-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke