Salin Artikel

Kerugian akibat Gempa di Sulbar Capai Rp 829,1 Miliar

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Rifai mengatakan, kerugian akibat gempa di Kabupaten Majene sebesar Rp 449,8 miliar.

Dari jumlah itu kerusakan permukiman sebesar Rp 365,3 miliar, infrastruktur Rp 235 juta, sosial sebesar Rp 76,9 miliar, kerugian di sektor ekonomi sebesar Rp 5,13 miliar serta kerugian lintas sektor Rp 2,1 miliar.

Sementara, di Kabupaten Mamuju total kerugian akibat gempa ditaksir Rp 379, 3 miliar.

Jumlah itu dari kerugian permukiman sebesar Rp 270,1 miliar, kerugian akibat kerusakan infrastruktur Rp 1,3 miliar, sosial Rp 17,4 miliar, ekonomi Rp 50,4 miliar dan lintas sektor Rp 39,9 miliar.

Rifai juga menuturkan, berdasarkan perhitungan hingga 26 Januari 2021, ada sebanyak 4.122 rumah yang rusak di Majene.

Sedangkan jumlah rumah yang rusak di Mamuju mencapat 1.701 unit.

"Jumlah tersebut masih berakumulasi. Untuk rusak ringan, sedang dan berat yang sudah masuk saat ini akan dimatangkan dulu sambil menunggu data selanjutnya yang akan masuk. Warga akan diberikan secara non tunai, dan harus menggunakan nomor rekening baru," kata Rifai di Mamuju, Rabu (27/1/2021) seperti dilansir Antara.

"Pemulihan diharapkan dapat selesai pada Juni 2021 dan Juli 202. Sehingga, enam bulan ke depan sesuai arahan Presiden Jokowi, tidak ada lagi pengungsi," sambung Rifai.


Ia berharap warga yang rumahnya mengalami rusak, baik ringan maupun sedang, dapat segera menerima dana stimulan perbaikan sehingga bisa secepatnya menempati rumahnya masing-masing.

Data sementara kerusakan dan kerugian itu akan dilaporkan ke Gubernur Sulbar.

Data susulan juga akan diproses dengan tahap yang sama sesuai data sebelumnya dan dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

"Data yang masuk lebih awal sesuai persyaratan, akan diproses dan ditindaklanjuti. Dengan demikian , akan mempercepat pemulihan," ucap Rifai.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/27/13422311/kerugian-akibat-gempa-di-sulbar-capai-rp-8291-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke