Salin Artikel

5.400 Vaksin Covid-19 Tiba di Banyuwangi, Diprioritaskan untuk Tenaga Kesehatan

Saat ini, vaksin tersebut berada di kamar penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan dengan pengawalan ketat anggota TNI dan Polri.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono mengatakan jika pemberian vaksin akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Banyuwangi.

"Alhamdulillah, sebanyak 5.400 dosis vaksin covid 19 telah tiba di Banyuwangi. Saat ini kami simpan di kamar pendingin penyimpan vaksin," jelas Rio, sapaan Widji Lestariono dikutip dari rilis tertulis Pemkab Banyuwangi.

Pada Rabu (27/1/2021) seluruh fasilitas kesehatan pemberi layanan vaksinasi covid 19 akan mengambil jatah kuotanya ke Banyuwangi.

Terdapat 49 faskes yang akan melayani vaksinasi yang terdiri dari 45 Puskesmas, dua rumah sakit daerah, kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Banyuwangi, dan klinik kesehatan Polresta Banyuwangi.

"Sudah kami instruksikan agar pengambilan vaksin setiap faskes koordinasi dengan pihak pengamanan setempat. Karena pengambilan vaksin harus memperhatikan keamanan. Besok mereka akan mengambil sesuai jadwalnya," kata Rio.

Pelaksanaan vaksinasi di Banyuwangi akan dimulai pada Kamis 28 Januari 2021. Pada tahap pertama, vaksin akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

"Kick off vaksinasi akan dilakukan Kamis 28 Januari 2021. Pelaksanaan akan ditandai dengan pemberian vaksinasi pada sejumlah tokoh Banyuwangi. Dengan diawali dari tokoh, kami berharap bahwa seluruh warga mendukung vaksinasi ini," kata Rio.

Menurut Rio setiap penerima vaksin covid 19 akan diberikan suntikan vaksin sebanyak dua kali, dengan interval waktu 14 hari dari suntikan pertama.

"Nantinya secara bertahap, kami berharap 70 persen populasi di Banyuwangi sudah menerima vaksin covid 19, sehingga bisa segera tercipta kekebalan tubuh bersama," ungkapnya.

Sementara ituBupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik kedatangan vaksin Sinovac di Banyuwangi.

Vaksin tahap pertama pada termin kedua ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan pimpinan di Banyuwangi serta tokoh masyarakat.

"Tentu ini akan menjadi semangat kita semua untuk bangkit dari pandemi COVID-19 ini. Dan kepada tenaga kesehatan, semoga vaksin ini menjadi senjata pelengkap nakes yang terus berjuang menangani covid 19," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/27/08100021/5.400-vaksin-covid-19-tiba-di-banyuwangi-diprioritaskan-untuk-tenaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke