Salin Artikel

Seorang PNS di Aceh Timur Ditangkap Densus 88

KOMPAS.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penangkapan terhadap lima terduga teroris di Provinsi Aceh.

Lima orang tersebut ditangkap di lima tempat berbeda. Mereka juga berasal dari latar belakang profesi yang beragam.

Pada Rabu (20/1/2021), tim Densus 88 melakukan penangkapan terhadap RA (41), warga Langsa Kota; dan SA alias S (30), warga Banda Baro, Aceh Utara. Mereka berprofesi sebagai tukang.

Keduanya ditangkap sekitar pukul 19.45 WIB di Jalan Blang Bintang, Krueng Raya, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar.

Satu di antaranya berprofesi PNS

Keesokan harinya atau Kamis (21/1/2021), SJ alias AF (40) ditangkap di Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, sekitar pukul 20.00 WIB.

Menurut keterangan Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, SJ alias AF merupakan seorang pegawai negeri sipil (PNS). Dia bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur.

“Iya, satu orang terduga teroris yang ditangkap di Kota Langsa [adalah] PNS,” jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Tak lama dari penangkapan SJ, tim Densus 88 menciduk MY (46) di Birem Puntong, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa. Dia bekerja sebagai nelayan.

“SJ alias AF dan MY, mereka ditangkap di lokasi terpisah di wilayah Kota Langsa. MY berprofesi sebagai nelayan," terang Winardy.

Tim juga menangkap terduga teroris berinisial UM alias AZ alias TA (35). Pekerjaannya adalah berdagang buah di kawasan Pasar Simpang 7 Ulee Kareng, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh.


Rencanakan aksi teror di Aceh

Kelima terduga teroris tersebut sedang menjalani pemeriksaan di Mapolda Aceh.

Winardy mengungkapkan, berdasarkan pemeriksaan, kelima terduga teroris itu merencanakan aksi teror di wilayah Aceh.

Dari penangkapan tersebut, tim mengamankan beberapa barang bukti.

“Barang bukti buku dokumen yang diamankan dari terduga teroris berisi penyampaian pesan ancaman terhadap TNI, Polri, pemerintah pusat, dan Pemerintah Aceh,” ujarnya.

Winardy juga menyampaikan kelima terduga teroris yang ditangkap itu diduga terlibat dalam jaringan bom bunuh diri di Polrestabes Medan pada 2019 lalu.

“Terlibat dalam jaringan teroris yang melakukan aksi bom Polrestabes Medan dan jaringan teroris pembuatan bom yang ditangkap di wilayah Riau,” ucap dia.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Kompas TV Aceh, Raja Umar | Editor: Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2021/01/25/16051921/seorang-pns-di-aceh-timur-ditangkap-densus-88

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke