Salin Artikel

Bencana Alam di Awal Tahun, Longsor hingga Hujan Es Melanda Cianjur

Tidak ada korban jiwa.

Namun, puluhan rumah terdampak dan sejumlah fasilitas umum seperti jembatan dan sekolah rusak.

Sekretaris BPBD Cianjur Mokhamad Irfan Sofyan mengatakan, beberapa bencana yang terjadi adalah angin puting beliung, banjir, dan tanah longsor.

"Termasuk cuaca ekstrem, hujan es di wilayah Kecamatan Pasirkuda," kata Irfan dikutip dari keterangan tertulis, Senin (25/1/2021).

Pihaknya mencatat, ada 8 peristiwa bencana yang terjadi di 5 wilayah, yakni di Kecamatan Tanggeung, Cidaun, Naringgul, Pasirkuda, dan Cianjur kota. 

“Tidak ada korban jiwa. Namun, sedikitnya 16 kepala keluarga di Desa Gelarwangi Cidaun sempat mengungsi ke tempat aman karena longsor. Termasuk ada dua jembatan yang roboh terbawa longsor di Kecamatan Cidaun,” kata dia.

“Terkait cuaca ekstrem dan puting beliung di Pasirkuda mengakibatkan puluhan rumah dan 4 sarana umum rusak ringan. Areal persawahan seluas 5 hektar juga mengalami rusak,” kata dia.

Lebih lanjut, Irfan mengatakan, menghadapi musim hujan yang diprediksi akan berlangsung hingga Maret 2021 mendatang, BPBD Cianjur mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Kalau di wilayahnya terjadi hujan yang terus-menerus selama 2 jam, harus hati-hati, siap-siap evakuasi,” ucap Irfan.

BPBD Cianjur menyiagakan seluruh personelnya, termasuk 1.832 relawan tanggap bencana (Retana) yang berada di masing-masing wilayah.

“Retana ini keliling tiap kampung untuk memantau situasi dan kondisi. Kalau misal ditemukan retakan-retakan (tanah) langsung berkoordinasi dengan pihak desa dan aparat setempat,” ujar Irfan.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/25/07242781/bencana-alam-di-awal-tahun-longsor-hingga-hujan-es-melanda-cianjur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke