Salin Artikel

Nihil Gugatan, Aditya-Riyadi Ditetapkan Jadi Paslon Terpilih di Pilkada Tuban 2020

Pasangan ini ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Tuban 2020 melalui rapat pleno terbuka KPU Tuban bersama Bawaslu yang berlangsung di Grand Javanilla Resto, Tuban, Jumat, (22/1/2021).

Rapat pleno terbuka yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat tersebut dihadiri pejabat Forkopimda Tuban, dan paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Aditya Halindra Faridzky-Riyadi beserta perwakilan partai pengusung.

Ketua KPU Tuban Fathul Ikhsan mengatakan, rapat pleno terbuka penetapan paslon bupati dan wakil bupati terpilih ini digelar setelah KPU Tuban mendapat kepastian tidak adanya gugatan atau sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

KPU Tuban juga telah menerima surat resmi KPU RI agar segera menetapkan paslon yang mendapatkan suara terbanyak pada pilkada 2020 sebagai paslon bupati dan wakil bupati terpilih.

“Tuban tidak masuk dalam daerah kena gugatan, dan sesuai ketentuan, maka paling lama lima hari KPU Tuban harus menetapkan paslon terpilih, dan hari ini kita tetapkan,” terang Fathul Ikhsan saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Menurutnya, tahapan selanjutnya adalah pengusulan pengesahan dan pelantikan paslon bupati dan wakil bupati terpilih melalui legislatif dan gubernur, lalu diteruskan kepada Kementerian Dalam Negeri.

"Surat pengusulan pengesahannya akan dikirim ke DPRD Tuban, lalu diteruskan ke Mendagri melalui gubernur Jatim, dan nanti gubernur yang akan melantiknya," terangnya.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pikada Tuban 2020, perolehan suara paslon nomor urut 2, Aditya Halindra Faridzky - Riyadi memperoleh suara sebanyak 423.236 suara atau 60.0 persen.

Kemudian disusul Paslon nomor urut 1, Khozanah Hidayati - Muhammad Anwar (Aman) dengan perolehan suara sebanyak 170.955 suara atau 24.2 persen, dan Paslon nomor urut 3, Setiajit - RM Armaya Mangkunegara (Setia Negara) memperoleh suara sebanyak 110.998 suara atau 15.08 persen.

Sedangkan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Tuban 2020 ini total sebanyak 721.089 suara dengan rincian suara sah sebanyak 705.189 suara, dan suara tidak sah sebanyak 15.900 suara.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/23/06464191/nihil-gugatan-aditya-riyadi-ditetapkan-jadi-paslon-terpilih-di-pilkada-tuban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke