Salin Artikel

Dinkes Kalbar Tes Swab Antigen Acak Penumpang Kapal dari Kayong Utara

PONTIANAK, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan Kalimantan Barat (Kalbar) bakal menggelar tes swab antigen acak terhadap penumpang kapal motor dan speedboat dari Kabupaten Kayong Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson menilai, Kabupaten Kayong Utara lemah dalam melakukan penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona.

Sehingga, warga daerah yang masuk ke Pontianak atau daerah lain akan diperketat.

“Satgas Covid-19 Kalbar akan memperketat pintu masuk kedatangan penumpang dari Kabupaten Kayong Utara dengan melakukan tes swab antigen acak,” kata Harisson kepada wartawan, Jumat (22/1/2021).

Penumpang yang dimaksud adalah penumpang yang menggunakan kapal motor dan speedboat yang melayani rute Teluk Batang-Pontianak, Sukadana-Pontianak, Teluk Batang-Rasau Jaya, Teluk Melano-Rasau Jaya, Durian Sebatang-Rasau Jaya, Dusun-Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.

“Petugas akan disiagakan di Pelabuhan Rasau Jaya, Kubu Raya dan Pelabuhan Senghie Pontianak,” ucap Harisson.

Hasil analisa Satgas Covid-19 Kalbar, Kabupaten Kayong Utara adalah salah satu daerah rawan penularan Covid-19, karena jarang melakukan kegiatan testing dan tracing.

"Untuk keluar dari pandemi atau mengendalikan Covid-19, daerah harus aktif melaksanakan tracing, testing dan treatment, dengan rasio 1 banding 1.000 penduduk,” sebut Harisson.

Dengan melakukan tracing, testing dan treatment, Satgas Covid-19 akan mengetahui gambaran pandemi di daerahnya, sehingga memudahkan penanganan dan pemetaan.

"Kalau ada kasus konfirmasi segera diisolasi dan dilakukan treatment atau pengobatan. Dengan demikian penyakit ini tidak menyebar luas. Sementara Kabupaten Kayong Utara, kita tidak bisa mendapatkan gambaran," ungkap Harisson.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/22/14152701/dinkes-kalbar-tes-swab-antigen-acak-penumpang-kapal-dari-kayong-utara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke