Salin Artikel

Puting Beliung Wonogiri, Viral di Medsos, Ukurannya Terbesar dari Sebelumnya

KOMPAS.com - Angin puting beliung yang muncul di Waduk Gajah Mungkur (WGM), Kabupaten Wonogiri, Rabu (20/1/2021), bikin geger warga sekitar dan jagat media sosial. Sekitar jam 15.30 WIB, angin berukuran besar itu bepusar di perairan WGM.

Fenomena tersebut memang kerap terjadi di Waduk Gajah Mungkur. Namun, menurut Kepala Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Sukamto, ukuran angin puting beliung yang terjadi pada Rabu sore itu merupakan yang terbesar.

"Setiap tahun memang ada. Tetapi kemarin itu yang terbesar dan diketahui banyak orang," jelas Sukamto kepada Kompas.com.

Sukamto melanjutkan biasanya angin puting beliung di WGM pusarannya kecil.

Desa Sendang berbatasan langsung dengan Waduk Gajah Mungkur. Walaupun dekat, terang Sukamto, rumah warga tidak ada yang rusak gara-gara angin itu.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Wonogiri Bambang Hariyadi, angin tersebut berputar selama 10-15 menit.

"Kejadiannya hampir setiap tahun terjadi. Namun, kemarin terlihat besar karena jaraknya dekat dengan permukiman warga," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Bambang berpesan kepada warga bila di kemudian hari mengetahui ada angin puting beliung di dekat rumahnya, bergegas keluar rumah dan segera menyelamatkan diri ke tempat lapang serta jangan mendekati pepohonan.

Terbentuk karena awan cumulonimbus

Berdasar pantauan Badan Metereologi, Klimatologi Geofisika (BMKG) Jawa Tengah Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang, angin yang disebut juga dengan cleret tahun itu terbentuk karena adanya awan cumulonimbus (CB) yang kuat di sekitar lokasi.

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang Iis W. Harmoko menerangkan bila pertumbuhan CB menguat, daerah tersebut bakal dilanda cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, hujan es, angin kencang, hingga angin puting beliung.

Sebelum puting beliung terjadi, kerap kali diawali dengan pertumbuhan cumulonimbus yang cukup signifikan pada pagi sampai siang. Di sore harinya, awan akan menjadi matang hingga mengakibatkan hujan lebat.

Angin puting beliung yang terjadi di Waduk Gajah Mungkur, Kabupaten Wonogiri, itu termasuk dalam waterspout.

“Waterspout itu angin puting beliung yang terjadi di atas lautan. Sama halnya bila terjadi di atas waduk,” terang Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang Iis W. Harmoko saat dihubungi Kompas.com, Rabu malam.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi | Editor: Khairina, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2021/01/21/15572231/puting-beliung-wonogiri-viral-di-medsos-ukurannya-terbesar-dari-sebelumnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke