Salin Artikel

Video Viral 100 Warga Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19 di RS, ini Kata Polisi

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan ratusan warga masuk ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dan mengambil paksa jenazah pasien Covid-19 viral di media sosial.

Diketahui, kejadian itu terjadi pada Sabtu (16/1/2021) malam.

Dalam video tersebut, tampak terlihat warga berteriak saat mengambil jenazah pasien berinisial R, warga Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan.

Usai mengambil jenaazah tersebut, warga pun kemudian beramai-ramai memindahkan jenazah tersebut ke atas mobil pikap untuk dibawa ke rumah duka.

Kemudian, sejumlah pemuda dengan mengendarai motor berknalpot brong mengawal mobil pikap tersebut.

Terkait dengan kejadian itu, pihak Polres Probolinggo akan melakukan penyelidikan untuk mencari siapa yang memprovokasi aksi tersebut.

“Terkait aspek hukum, tentu saja kita akan menegakkan hukum, siapa yang memprovokasi dan melakukan perlawanan kepada petugas yang mengamankan di rumah sakit,” kata Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan, saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/1/2021) malam.


Tak hanya itu, Ferdy pun menyebut aksi yang dilakukan warga itu melanggar protokol kesehatan. Apalagi, jenazah dimakamkan dengan tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Atas kejadian itu, kami berkoordinasi dengan satgas kabupaten untuk menyikapi apa langkah yang akan dilakukan,” ujarnya.

Untuk memutus mata rantai penularan virus corona, pihak Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo akan melakukan tracing dan testing terhadap warga yang mengambil paksa jenazah tersebut.

Kronologi kejadian

Diceritakan Ferdy, kejadian itu berawal saat salah satu warga Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, dinyatakan positif Covid-19 dan meninggal dunia setelah beberapa hari mendapat perawatan di rumah sakit tersebut.

Setelah meninggal, kata Ferdy, petugas kesehatan termasuk aggota pihaknya, TNI, dan Satpol PP melakukan komunikasi dan memberi edukasi kepada pihak keluarga agar pasien tersebut dimakamkan secara protokol kesehatan.

Namun, belum seleseai melakukan komunikasi. Tiba-tiba di luar rumah sakit datang sekitar 100 warga langsung menerobos masuk dan mengambil paksa jenazah.

Saat mengambil paksa jenazah tersebut, warga sempat bersitegang dengan petugas yang berjaga hingga akhirnya warga membawa jenazah tersebut keluar dari rumah sakit.

"Kita kumpulkan bukti-bukti untuk tahap selanjutnya,” ungkapnya.

 

(Penulis : Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol | Editor : David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2021/01/19/20304121/video-viral-100-warga-ambil-paksa-jenazah-pasien-covid-19-di-rs-ini-kata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke