Salin Artikel

Penyebar Hoaks Mayor Sugeng Meninggal Setelah Divaksin Teridentifikasi, Ada di Jatim dan Jakarta

Pelaku diduga lebih dari satu orang dan tersebar di sejumlah daerah.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, tim gabungan Polda Jatim dan Polres Gresik sudah bergerak sejak kabar hoaks itu beredar.

"Kita sudah identifikasi dan profiling beberapa orang diduga penyebar hoaks tersebut," kata Gatot saat dikonfirmasi, Selasa (19/1/2021).

Salah satu pelaku, kata Gatot, berada di sebuah daerah di Jawa Timur. Sementara sejumlah pelaku lain berada di Yogyakarta dan DKI Jakarta.

Gatot enggan menyebutkan secara rinci lokasi pelaku yang berada di Jawa Timur.

"Kita tunggu saja perkembangannya," terang Gatot.

Sebelumnya, kabar tentang Kasdim Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi meninggal usai disuntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac viral di media sosial dan aplikasi pesan instan. Kabar itu disertai foto seorang anggota TNI.

Kepala Penerangan Kodam V Brawijaya Kolonel Arm Imam Haryadi mengaskan kabar tersebut menyesatkan alias hoaks.

Ia menjelaskan fakta sesungguhnya tentang foto tersebut. Kata dia, anggota TNI yang dilingkari dalam foto itu adalah foto almarhum Mayor Kav Gatot Supriyono, Danramil Kebomas Kodim 0817/Gresik.

Foto itu diambil saat Mayor Gatot mendampingi Danrem Brawijaya dan keluarga berziarah ke Makam Sunan Giri di Gresik pada 10 Januari 2021.

Sementara itu, di tanggal yang sama, Kasdim Gresik atas nama Mayor Inf Sugeng Riyadi menerima vaksinasi Covid-19 merek Sinovac di RSUD Ibnu Sina Gresik.

Mayor Sugeng menggantikan Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail karena tekanan darahnya tinggi saat diperiksa sebelum vaksinasi.

"Hingga saat ini, Mayor Inf Sugeng Riyadi dalam keadaan sehat wal afiat," jelas Kapendam Brawijaya.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/19/19423851/penyebar-hoaks-mayor-sugeng-meninggal-setelah-divaksin-teridentifikasi-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke