Salin Artikel

Temui Kendala Program Vaksinasi, Ganjar Izin Menkes Lakukan Pendataan Manual

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan melakukan percepatan program vaksinasi Covid-19.

Diketahui, tahap pertama program vaksinasi Covid-19 diprioritaskan kepada tenaga kesehatan dan pendukung tenaga kesehatan.

"Kita akan lakukan percepatan. Kemarin sudah bicara dengan Pak Menkes (Budi Gunadi Sadikin) sistem pendaftaran menggunakan sistem itu nampaknya harus ada terobosan," kata Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dalam kunjungannya memantau vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (19/1/2021).

Menurutnya, banyak tenaga kesehatan calon penerima vaksin Covid-19 yang terdaftar dalam sistem, justru mereka tidak datang tanpa keterangan.

"Praktiknya yang sudah daftar di sistem terus kemudian mereka waktunya tidak bisa sesuai, akhirnya seperti terjadi pagi ini hanya delapan yang divaksin. Mestinya tahap pertama 15 orang kan sayang," terang da.

Untuk melakukan percepatan program itu, Ganjar mengaku sudah meminta izin Kementerian Kesehatan untuk melakukan pendataan secara manual.

Sehingga dengan sistem yang terbuka akan bisa lebih cepat dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19.

"Kita sudah dorong mudah-mudahan dalam waktu tiga, empat hari kita bisa percepat. Kita minta izin untuk mendata secara manual saja. Nanti kita yang mengalahi input sehingga proses vaksinasi ini akan bisa kita lakukan percepatan. Insya Allah kalau sistem itu terbuka kita akan bisa genjot lebih cepat lagi," ungkap Ganjar.

Ganjar menerangkan dengan menggunakan pendataan manual apabila ada tenaga kesehatan yang tidak hadir saat vaksinasi, bisa disisipi dengan penerima berikutnya.

"Yang tidak hadir sebenarnya kita sudah dikasih kewenangan menginput secara manual, maka bisa disisipi berikutnya. Kita mesti kredibel dan kita mesti prioritas kepada nakes dulu," ungkap dia.

Disinggung apakah ada sanksi bagi nakes yang tidak hadir dalam vaksinasi, Ganjar menegaskan tidak ada sanksi.

"Tidak ada sanksi. Apa-apa kok sanksi," ucap dia.

Ganjar menargetkan program vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi tenaga kesehatan di Jateng selesai pada awal Februari 2021.

"Kita targetkan diawal bulan depan. Kalau sebenarnya hitung-hitungan kita umpama sistem itu boleh lebih dilonggarkan teori itu selesai. Karena seluruh nakesnya mampu, kekuatannya ada tinggal mengatur jadwal kapan mereka akan dilakukan (vaksinasi)," tutur Ganjar.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/19/14542591/temui-kendala-program-vaksinasi-ganjar-izin-menkes-lakukan-pendataan-manual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke