Salin Artikel

Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias Belum Terima Vaksin Covid-19 Tahap I

Kondisi tersebut membuat wilayah ini belum melakukan vaksinasi tahap pertama, sementara angka kasus Covid-19 hingga Senin (18/01/2021) dilaporkan mencapai 646 kasus dengan 17 kasus meninggal. 

Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua meminta pemerintah untuk segera dapat mengalokasikan vaksin ke wilayahnya.

Dia bahkan sudah siap untuk menjadi penerima vaksin pertama.

“Kita sudah usulkan (vaksin) diutamakan untuk Kota Gunungsitoli, melalui Dinas Kesehatan untuk berkoordinasi dengan provinsi dan pusat, ” kata Wali Kota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua, melalui sambungan telepon, Senin (18/01/2021). 

Diutamakan bagi nakes

Ia mengatakan, distribusi vaksin untuk wilayahnya diharapkan segera diproses.

Pihaknya terus mengupayakan agar vaksinasi dapat segera terlaksana dalam segera.

Adapun rencana pemberian vaksin diprioritaskan kepada tenaga kesehatan dan pendukung lainnya, sehingga pemerintah pusat bisa mengalokasikan vaksin secepatnya.

“Bahkan saya minta sebanyak-banyak untuk melindungi seluruh warga. Kita usahakan dan mendorong pusat agar Kota Gunungsitoli segera dapat vaksin,” ucap dia.

Kabupaten Nias menanti vaksin

Dalam kesempatan dan ditempat yang berbeda Bupati Nias Sokhiatulo Laoli yang dihubungi melalui sambungan telepon, menuturkan hal sama bahwa daerahnya belum menerima vaksin tahap pertama.

Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Kesehatan, belum menerima vaksin dan bahkan informasinya jadwal distribusi masih belum didapatkan dari pemerintah pusat dan provinsi. 

"Belum kita terima vaksin dari pusat maupun provinsi," kata Bupati Nias Sokhiatulo Laoli, melalui sambungan telepon, Senin (18/01/2021).

Ditambahnya, pemerintah provinsi Sumatera Utara telah menerima vaksin Covid-19 gelombang pertama dari pemerintah pusat. 

Kebutuhan vaksin sedang disusun

Namun hingga saat ini baru tiga kabupaten di Sumatera Utara yang akan mendapatkan vaksin Covid-19 gelombang pertama. 

Sementara Kabupaten Nias belum masuk dalam list penerima vaksin gelombang pertama ini.

Pemerintah Kabupaten Nias, telah siap menerima vaksin Covid-19, bila Pemerintah Pusat dan Pemprov telah mengalokasinnya. 

Sementara untuk kebutuhan vaksin Covid-19 di Kabupaten Nias sedang disusun melalui Dinas Kesehatan dan rencananya akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan. 

https://regional.kompas.com/read/2021/01/19/11073131/kota-gunungsitoli-dan-kabupaten-nias-belum-terima-vaksin-covid-19-tahap-i

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke