Salin Artikel

4 Fakta Mobil Jokowi Terjang Banjir di Kalsel, Tinjau Jembatan Putus dan Sampaikan Duka Cita

KOMPAS.com - Mobil rombongan Presiden Joko Widodo menerobos banjir saat berkunjung di Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021).

Peristiwa itu terjadi saat rombongan Presiden Joko Widodo melintasi Desa Pekauman Ulu, Kecamatan Martapura Timur. 

Dilansir dari Antara, banjir tersebut tampak setinggi betis orang dewasa atau tepat di bagian bawah bumper mobil RI 1 tersebut.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Perjalanan menuju jembatan Mataraman

Dari keterangan tertulisnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, kejadian itu ketika Presiden Jokowi hendak menuju Jembatan Mataraman di Kecamatan Astambul yang putus karena diterjang banjir.

Di dalam perjalanan, banjir setinggi betis orang dewasa menggenang di jalan.

"Bukan terendam, Tapi jalanan banjir kurang lebih sebetis dewasa menuju titik lokasi jembatan," kata Heru kepada Tribunnews.com, Senin, (18/1/2021).

Dalam iring-iringan mobil rombongan Presiden Jokowi tersebut, terdapat sejumlah pejabat, antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirini Noor, dan Bupati Banjar Khalilurrahman.

Heru memastikan, agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi tak terganggu akibat kejadian itu.

Dilansir dari Tribunnews, Jembatan Matraman merupakan akses jalan nasional di Kalimantan Selatan.

Jembatan tersebut juga menjadi penghubung trans Kalimantan. Presiden Jokowi pun meminta proses perbaikan jembatan itu segera dilakukan.

"Saya ingin memastikan ke lapangan, yang pertama mengenai kerusakan infrastruktur yang memang terjadi. Ada beberapa jembatan yang runtuh, seperti kita lihat di belakang ini. Tadi saya sudah minta ke Menteri PU agar dalam 3-4 hari ini bisa diselesaikan sehingga mobilitas distribusi barang tidak terganggu," ujar Presiden Jokowi saat meninjau Jembatan Mataraman.

Selain itu, Presiden meminta stok bantuan logistik bagi para korban banjir selalu tersedia.

Menurut Jokowi, ketersediaan logistik dan kebutuhan lain sangat dibutuhkan oleh para pengungsi.

"Ini yang penting karena hampir 20 ribu masyarakat berada di dalam pengungsian. Kekurangan-kekurangan yang ada nanti bisa dibantu dari pemerintah pusat selain dari logistik yang ada di pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota," katanya.

4. Ucapkan duka cita

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan dukacita bagi para korban bencana.

"Saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban yang meninggal di musibah banjir di Kalimantan Selatan ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan keikhlasan," katanya. (Teuku Muhammad Valdy Arief)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Rombongan Mobil Presiden Jokowi Terjang Banjir Sebetis Orang Dewasa di Kalimantan Selatan

https://regional.kompas.com/read/2021/01/18/20360001/4-fakta-mobil-jokowi-terjang-banjir-di-kalsel-tinjau-jembatan-putus-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke