Salin Artikel

"Mau Tanda Tangan Model Garis Lurus, Bulat atau Seperti Lambang di Anime Naruto Silakan, Itu Tanggung Jawab Pemohon"

KOMPAS.com - Syaiful Bahri (17), warga Desa Wanar, Kecamatan Pucuk, Lamongan, Jawa Timur, mendadak viral di media sosial setelah Kartu Tanda Penduduk (KTP)-nya menggunakan tanda tangan ala lambang Konohagakure pada anime Naruto.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Lamongan Sugeng Widodo mengatakan, tidak ada yang salah dalam pengurusan KTP yang dilakukan Saiful, semua prosesnya dilakukan dengan prosedur yang telah ditentukan dan ditetapkan.

Terkait dengan tanda tangan itu, kata Sugeng, terserah dan menjadi tanggung jawab pemohon.

Sebab, pihaknya tidak memiliki kewenangan. Kewenangan sepenuhnya dari pemohon KTP itu sendiri.

"Terserah pemohon, itu tanggung jawab pemohon. Mau tanda tangan model garis lurus, bulat atau seperti itu (lambang di anime Naruto) ya silahkan, enggak apa-apa," kata Sugeng, saat dihubungi, Senin (18/1/2021).

Sugeng pun mempertanyakan jika tanda tangan seperti itu digunakan untuk dokumen-dokumen lain bagaimana?.

"kalau beda kan enggak bisa," ujarnya.


Kata Sugeng, Saiful mengurus KTP di Kecamatan Pucuk tempatnya berdomisili.

Masih dikatakan Sugeng, saat proses pembuatan KTP, petugas perekaman KTP sudah menanyakan kepada Saiful apakah benar tanda tangannya seperti itu. Bahkan, sampai tiga kali ditanyakan.

"Tanda tangan itu merupakan salah satu elemen di KTP yang tidak boleh ditinggalkan, selain penyebutan nama, alamat, kemudian status perkawinan dan lain-lain," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, baru-baru ini warganet dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) bertanda tangan ala lambang Konohagekure pada anime Naruto.

Konohagakure dalam setting anime Naruto adalah lambang desa yang digunakan oleh para ninja, dari salah satu desa yang dikenal paling kuat.


KTP tersebut diketahui milik Syaiful Bahri (17), warga Desa Wanar, Kecamatan Pucuk, Lamongan, Jawa Timur.

Foto dengan KTP tanda tangan anime Naruto viral di media sosial setelah diunggah akun Twitter @kegblgnunfaedh pada 15 Januari lalu.

Syaiful mengatakan, ia menggunakan tanda tangan tersebut sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Bahkan, tanda tangan itu pun juga sempat digunakannya saat mengikuti ujian SMP.

Tak hanya itu, saat ia mendapatkan bantuan dari pemerintah dalam menunjang proses belajar mengajar pada saat pandemi Covid-19, Saiful pun menggunakan tanda tangan tersebut.

"Guru di SMP juga bilang bila tanda tangan saya ini unik. Dia sempat tanya, dan saya jawab jika saya memang penggemar Naruto," kata Saiful, saat dihubungi, Minggu (17/1/2021) malam.

 

(Penulis : Kontributor Gresik, Hamzah Arfah | Editor : Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2021/01/18/19394361/mau-tanda-tangan-model-garis-lurus-bulat-atau-seperti-lambang-di-anime

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke